Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik

5

Mobil bekas punya beberapa kelebihan, antara lain harga lebih miring, ragam pilihan mobil yang menyesuaikan anggaran, hingga unit kendaraan yang bisa langsung dibawa pulang.

Namun membeli mobil bekas bukanlah hal mudah, jika Anda ingin membeli mobil untuk mudik, tentunya mobil yang dibeli perlu dicek kondisinya agar selama perjalan mudik nanti  tidak ada kendala atau masalah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas .

  1. Budget

Membeli mobil baru atau bekas, kedua-duanya tentu berpaku pada seberapa besar uang yang sudah kita persiapkan. Kalau budget memadai, maka mobil baru bisa jadi pilihan. Namun jika budget terbatas, maka kendaraan second tersedia di gerai-gerai atau situs online .

  1. Pilihan Terbatas

Jika membeli mobil tergantung budget, maka pilihannya bisa disesuaikan dengan segmen yang disasar. Jika daya beli di rentang Rp 100 juta sampai Rp 200 juta, pilihannya adalah mobil baru kelas low, mulai dari low MPV, citycar, hingga LCGC. Namun jika memilih mobil bekas,  budget sebesar itu mungkin punya lebih banyak pilihan.

  1. Mobil bekas, perawatannya harus jelas

Saat membeli mobil bekas adalah kondisi menjadi salah satu faktor penting. Apakah mobil ini siap diajak jalan jauh seperti untuk libur lebaran ke kampung halaman.

  1. Mobil bekas bukan bekas kecelakaan dan banjir

Ini adalah dua poin penting yang dihindari saat membeli mobil bekas. Pasalnya, kecelakaan bisa saja mengubah struktur rangka bodi mobil dan membuat lajunya tidak stabil. Lalu mobil bekas terendam banjir yang  membawa karat di dalam bodi dan merusak kelistrikan. Selain mencari jaminan dua hal tersebut, mengecek kondisi lantai hingga kolong bodi adalah sejumlah hal simpel yang bisa dilakukan.

  1. Mobil bekas, surat-surat harus jelas

Mobil second tarikan leasing apalagi mobil sengketa bukan tidak mungkin beredar di pasaran. Biasanya, surat-suratnya tidak jelas dan pembeli bisa terlibat masalah hukum gara-gara beli mobil semacam ini. Di samping itu, mobil pun akan sulit untuk dijual kembali.

  1. Cari kenyamanan

Faktor kenyamanan adalah hal penting saat mudik. Durasi perjalanan tidak sebentar, makanya mobil yang nyaman bisa jadi pilihan. Contohnya dalam hal kenyamanan duduk yang didukung jok empuk, bodi kedap dan AC memadai. Hal-hal ini bisa ditemui di mobil mewah yang kalau terbatas budget , maka pilihannya bisa jatuh ke mobil-mobil second.

  1. Hemat BBM

Hemat bahan bakar minyak atau BBM juga bisa jadi pertimbangan saat memilih kendaraan pribadi untuk mudik. Perjalanan jauh dan rentan macet membuat konsumsi bensin cukup boros. Di pasaran mobil bekas, bukan tidak mungkin mobil dengan bentuk yang keren jadi pertimbangan utama, tetapi lupa bahwa mesinnya terkenal boros bensin. Kalau sudah begitu, artinya budget mudik bisa membengkak.

  1. Perawatan di kampung halaman

Mobil second atau baru bisa saja mengalami kendala teknis di perjalanan. Untuk itu, pertimbangkanlah mobil yang suku cadangnya juga tersedia di daerah. Pasalnya, harga perbaikan di kota dan di daerah bisa berbeda jauh, apalagi jika suku cadangnya harus pesan dulu. (E-002)***