5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran 2019

27

Pemberian parsel menjadi salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia saat Lebaran. Parsel yang biasa dijadikan sebagai simbol silaturahmi ini biasanya dikirimkan kepada teman atau rekan-rekan bisnis.

Ya, dari waktu ke waktu, parsel dibuat semakin menarik dan kreatif. Isinya bukan hanya buah-buahan atau makanan saja, tapi bisa mencakup alat-alat makan hingga alat mandi.

Namun, di Lebaran kali ini, tentu saja makanan atau kue kering sering menjadi isi parsel yang banyak dipilih.

Nah, apakah Anda tertarik untuk berbisnis parsel Lebaran? Kalau Anda adalah orang yang kreatif dan senang membuat sesuatu, jangan lewatkan peluang usaha yang satu ini. Berikut ini caranya.

  1. Ketahui siapa calon pembeli Anda

Apabila ingin berbisnis parsel Lebaran, Anda mesti tahu dulu siapa yang nantinya akan membeli produk Anda. Apakah tetangga-tetangga Anda? Rekan-rekan kerja di kantor? Atau mungkin teman arisan Anda?

Ketahui juga, apakah target market Anda memang suka mengirimkan parsel kepada orang lain? Parsel jenis apa yang mereka suka?

Untuk mencari tahu hal-hal tersebut, berbincanglah kepada mereka sembari melakukan survey kecil-kecilan.

Jika sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi marketing yang dilakukan sehingga bisa lebih fokus untuk memasarkan produk kepada target market Anda.

  1. Tentukan jenis, ukuran, dan harga parsel yang akan dijual

Kreasikanlah beberapa jenis parsel dengan ukuran yang berbeda-beda, kemudian sesuaikanlah dengan harga di pasaran.

Misalnya, ukuran small isinya hanya empatĀ  toples kue kering beraneka ragam dan boneka beruang bertema Idul Fitri, dikenai harga Rp250.000.

Kemudian, ukuran medium berisi berabagi jenis snack, cokelat, kopi bubuk, dan satu botol minuman Anda jual dengan harga Rp500.000.

Adapula ukuran large yang isinya lebih beragam dan lebih banyak lagi. Harga yang dibanderol ialah Rp750.000.

Selain menghias parsel, Anda juga bisa memberikan kartu ucapan gratis untuk si penerima parsel Lebaran sebagai bonus.

  1. Antarlah pesanan tepat waktu

Tingkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap bisnis Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengantarkan pesanan ke tempat tujuan dengan tepat waktu.

Untuk mengantar parsel yang sudah dibuat, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan antar dari transportasi online supaya lebih praktis dan tidak merepotkan.

Pastikan, parsel Lebaran yang dipesan sampai ke tempat penerima dalam kondisi baik dan tidak terlambat. Sebab bila demikian, pelanggan bisa kecewa dan kepercayaan mereka akan bisnis Anda menurun.

Oleh karena itu, berikan pelayanan memuaskan dan jalinlah hubungan yang baik dengan mereka. Siapa tahu, bisnis parsel ini bisa berjalan berkelanjutan, bahkan hingga Lebaran 2018 sudah selesai.

  1. Pasarkan produk Anda, mulai dari lingkungan terdekat

Andalkan kekuatan word of mouth untuk mempromosikan parsel Lebaran buatan Anda karena ini merupakan salah satu strategi marketing yang sangat memengaruhi kesuksesan bisnis.

Biarkan tetangga-tetangga, rekan-rekan kerja, hingga teman arisan tahu bahwa Anda sedang mengelola bisnis baru jelang Ramadhan 2018 kali ini.

Jangan sungkan meminta mereka untuk mempromosikan atau merekomendasikan parsel Anda ke kenalan-kenalan mereka yang lain supaya makin dikenal.

  1. Buatlah toko online dan optimalkan media sosial

Untuk poin kelima, ini wajib hukumnya. Anda sudah memanfaatkan metode promosi offline, kini saatnya Anda merambah ke dunia online.

Selain bisa mempromosikan parsel Anda lewat grup WhatsApp, Line, atau BBM, Anda juga bisa membuat toko online sendiri.

Seperti yang diketahui, promosi melalui internet akan semakin menambah exposure suatu produk sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Satu hal yang tak boleh terlupakan, optimalkan penggunaan sosial. Gunakan berbagai hashtag yang berkaitan, misalnya #parsellebaran2018, #jualparselmurah, dan #jualparsellebaran sehingga bisnis Anda bisa lebih mudah ditemukan.

Nah, itulah dia 5 tips berbisnis parsel Lebaran yang bisa Anda terapkan. Nah, kebanyakan pebisnis seringnya melanjutkan usaha mereka ini, bahkan setelah Ramadhan 2019 usai. Rupanya, jasa pembuatan parsel ini bukan hanya sekadar bisnis musiman saja.

Bagi Anda yang juga berniat untuk menseriusi bisnis ini untuk tujuan jangka panjang, jangan biarkan bisnis Anda stuck di tengah jalan dan menghasilkan keuntungan yang segitu-segitu saja. (C-003/BBS)***