Adik Kakak Residivis Mobil Pickup Dibekuk Polsek Cipatat

12

Dua orang yang merupakan spesialis pencurian kendaraan bermotor jenis mobil pick up, tatang sumarna , dan Asep Kusnadi. Dibekuk jajaran satuan reserse kriminal polsek cipatat setelah melakukan aksinya di Kampung Singapura, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. keduanya merupakan residivis yang memiliki hubungan keluarga, adik kakak.

Himpitan ekonomi dan jelang lebaran seringkali jadi ajang alasan para pelaku kejahatan pada bulan suci ramadan setelah mereka tertangkap pihak kepolisian. Hal tersebut dikatakan kedua pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor jenis roda empat pickup, setelah diciduk Satuan Reserse Kriminal Polsek Cipatat.

Modus para tersangka pun mengincar kendaraan roda empat yang terparkir di dalam garasi dan pinggir jalan. Saat kondisi aman, mereka mulai menjalankan aksinya dengan membobol kunci pintu mobil dan kunci kontak.

Salah seorang pelaku ts, mengaku akibat terlilit utang dan guna memenuhi persiapan lebaran dirinya dan adiknya terpaksa melakukan kejahatan tersebut. namun saat ditanya lebih mendalam kembali, ternyata ts mengaku sudah sering melakukan aksinya tersebut. Barang curian tersebut biasanya ia jual ke daerah pameungpeuk, kabupaten garut, dengan harga per unitnya rp 10 juta, ungkapnya di hadapan awak media.

Kapolsek cipatat, kompol asep nandang menjelaskan, penangkapan kedua tersangka dilakukan setelah adanya laporan kehilangan satu unit mobil pick up jenis t120 ss. Setelah menindaklanjuti laporan tersebut, tepatnya pada 15 mei 2019 saat patroli rawan curat, curanmor dan curas, ke arah desa sarimukti. Sekitar pukul 03.30 wib,anggotanya mendapati dua orang yang mencurigakan menggunakan sepeda motor membawa alat pancing, setelah itu dibuntuti oleh anggota, hingga akhirnya keduanya dipergoki dan dibekuk .

Kedua tersangka, kini mendekam sel tahan polsek cipatat guna menunngu proses hukum selanjutnya, dan terancam pasal 363 ayat 1 ke 3, 4, 5 dan ayat 2 kuhpidana , dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara. Dari para pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukt, seperti sejumlah alat kejahatan, 1 unit kendaraan roda dua ,dan 3 unit kendaraan roda empat jenis pickup dari hasil kejahatannya.

ALGI MUHAMAD GIFARI, BANDUNG TV.