Sebanyak 3,7 Juta Pemudik Diprediksi Melewati JABAR

11

Dinas Perhubungan Jawa Barat memprediksi, setidaknya ada tiga koma tujuh juta pemudik yang akan melewati Jawa Barat, menjelang Idul Fitri 2019. Kepala Dinas Perhubungan Jabar mengimbau, agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi kemacetan, dan menggunakan angkutan massal yang disiapkan pemerintah, seperti Bus, Kereta Api, Atau Pesawat.

Mendekati musim mudik lebaran, dinas perhubungan jabar menyatakan, setidaknya ada 14 koma sembilan juta pemudik yang melalui Jabotabek, tiga koma tujuh juta diantaranya melewati Jawa Barat. Hal tersebut dikemukakan kepala dinas perhubungan jabar, heri antasari, saat giat jabar punya informasi di Gedung Sate Bandung, Selasa sore.

Menurut heri, setidaknya ada 50 titik kemacetan di Jabar, contohnya di pantura dengan keberadaan 21 titik pasar tumpah. Selain itu, di jalur tengah dan selatan ada 20 titik kemacetan dari cianjur-sukabumi-bandung-nagreg-limbangan dan seterusnya. Jumlah pemudik yang melewati tol pantura diprediksi mencapai 1 koma 7 juta orang, sedangkan yang melalui jalur nontol pantura 1 koma 2 juta pemudik. Diprediksi terjadi peningkatan 10 hingga 12 persen pemudik. Untuk itu, pihaknya menyiapkan 4 ribu 4 ratus armada bus, 164 rangkaian kereta api dengan kapasitas 60 ribu penumpang perhari, dan 53 penerbangan dengan kapasitas 7 ribu 6 ratusan penumpang perhari. Heri pun mengimbau masyarakat menggunakan angkutan massal yang disediakan. Bahkan, pihaknya mengimbau sektor swasta memberi diskon atau penggratisan bagi pemudik.

Sementara itu, berdasarkan survei dinas perhubungan, 37 persen armada bus di jabar perlu perbaikan agar laik jalan. Sedangkan puncak arus mudik diprediksi terjadi pada h min 5 dan h min 3 lebaran.

 

BUDI HARTATI, BANDUNG TV.