BI JABAR Sediakan 13,74 Triliun, Warga Antre Tukar Uang

11

Ratusan warga berangsur-angsur antre untuk menukar uang pecahan kecil, di kawasan Monumen Perjuangan Jabar, Selasa pagi. Tahun ini, Bank Indonesia kantor perwakilan jabar menyediakan Tiga Belas Koma Tujuh Puluh Tiga Triliun Rupiah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik pecahan kecil maupun besar.

Antrean warga terjadi di Kawasan Monumen Perjuangan, Selasa pagi. Mereka antre untuk menukarkan uang pecahan besar yang dibawa menjadi pecahan kecil, di mobil-mobil penukaran uang dari tiga belas bank umum, dengan dibatasi hingga tiga koma tujuh juta rupiah.

Salah satunya Gumilar. Warga bandung ini sengaja datang ke Monumen Perjuangan, untuk menukarkan uang miliknya menjadi pecahan kecil. Dirinya mengetahui adanya penukaran uang di Monju dari surat kabar. Dirinya pun akan menggunakan pecahan uang tersebut untuk dibagikan ke anak saudara, dan zakat.

Menurut kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jabar, Doni P Joewono, tahun ini pihaknya menyediakan Tiga Belas Koma Tujuh Puluh Tiga Triliun Rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat lebaran. Jika ditotalkan dengan Kantor Perwakilan Cirebon dan Tasikmalaya, Bank Indonesia menyediakan 24 koma 39 triliun rupiah tahun ini. Sebelas koma 4 triliun diantaranya sudah disalurkan ke perbankan. Dengan begitu, Doni memita agar masyarakat yang sudah menjadi nasabah bank, menukarkan uang di tempat bank tersebut. Sedangkan masyarakat yang belum menjadi nasabah bank, bisa menukarkan uang di mobil layanan terpadu yang disediakan di Monju 21 hingga 23 Mei, Alun-Alun Ujungberung 22 Hingga 23 Mei, Balaikota Bandung 27 Hingga 29 Mei, dan Area Di Soekarno Hatta Bandung 27 Hingga 29 Mei 2019.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran arus mudik ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kantor perwakilan jabar, cirebon, dan tasikmalaya membuka pelayanan penukaran uang di rest area Tol Kilometer 57, 72, 88, 97, 147, dan 166.

Budi Hartati, Bandung TV.