800 Bus di Dua Terminal Kota Bandung Disiapkan Untuk Angkut Pemudik

27

BISNIS BANDUNG – Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir, Dishub Kota Bandung Asep Kurnia Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang saat arus mudik Lebaran 2019 di Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum sebesar 5% .

Asep Kurnia ‎menyebutkan, berdasar data yang dimilikinya tahun lalu, sekira 190.000 pemudik berangkat dari Terminal Leuwipanjang. Jumlah tersebut pada tahun ini  diperkirakan meningkat hingga 207 .000 pemudik . Kenaikan pemudik juga diprediksi akan terjadi pula di Terminal Cicaheum,  naik  sekira 5% dari 46.892 menjadi 49.000 pemudik.

“Tahun ini memang kita prediksi ada kenaikan jumlah pemudik , masing-masing di Terminal Cicaheum 5 % dan Leuwipanjang  5 %,” kata Asep, baru-baru ini di Balai Kota Bandung.

Peningkatan jumlah pemudik yang berangkat menggunakan bus di dua terminal tersebut disebabkan sejumlah faktor. Seperti di antaranya , dampak mahalnya tiket pesawat dan kehabisan tiket kereta api.

“Jadi dampak mahalnya tiket pesawat dan kehabisan tiket kereta api , para pemudikan memilih menggunakan bus menuju kota yang menjadi kampung halamannya,” ujar Asep.

Lonjakan pemudik di terminal diperkirakan Asep  akan terjadi pada H-7 Idul Fitri dan puncaknya diprediksi  terjadi pada H-4 dan H-3 Idul Fitri.

Kepala Seksi Manajemen Angkutan Dishub Bandung, Iya Sunarya menambahkan, pengelola bus angkutan antar kota dalam provinsi ataupun angkutan antar kota antar provinsi telah menyiapkan armada yang  memenuhi standar kelaikam operasi.

 “‎Jumlahnya di Leuwipanjang ada 641 bus dan di Terminal Cicaheum  203 bus ,” Iya menjelaskan jumlah armada di Terminal Leuwipanjang maupun Cicaheum yang akan melayani pemudik. (B-003) ***