Paling Dicari Warganet saat Ramadan 2019

5

GOOGLE mengungkapkan jika warganet lebih sering online di bulan Ramadan. Perusahaan teknologi asal Amerika itu juga merilis insight dan tren warganet di Indonesia selama bulan Ramadan.

Menurut keterangan resmi yang dilansir berbagai sumber,  Senin (20/5/2019) data yang diungkap oleh Google menunjukan bawa penelusuran terkait pakaian, perjalanan, makanan, dan kecantikan naik hingga 40 persen dibanding biasanya.

Selain itu, penelusuran untuk doa, ceramah, dan zakat juga naik signifikan selama bulan puasa, seperti yang terlihat pada peningkatan tajam untuk volume penelusuran tahun 2018 berikut ini, dibandingkan bulan-bulan biasa: doa (+2x), ceramah (+2x), dan zakat (+16x).

“Ramadan adalah bulan spiritual. Dan pada bulan ini juga konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa,” ucap Ariani Dwijayanti, Insights Specialist di Google Indonesia

Ariani juga mengatakan jika waktu tonton untuk 100 channel teratas di YouTube juga naik 40 persen selama Ramadan tahun lalu. Sementara volume penelusuran tahun lalu seputar makanan dan minuman (F&B), pakaian, perjalanan, dan kecantikan naik hingga 40% dibandingkan bukan bulan Ramadan.

“Mode dan kecantikan, pada khususnya, termasuk dalam kategori utama dan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia ingin tetap tampil maksimal selama bulan Ramadan, dengan data penelusuran untuk gaya rambut naik 2-3 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” imbuh Ariani.

Terlebih lagi, data di Google Trends juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan produk-produk kecantikan yang halal, termasuk kuteks halal, kosmetik halal, dan lip tint halal.

Kebutuhan untuk terlihat sempurna juga tampak dari jenis video yang ditonton di YouTube, terutama video bertema keagamaan (lagu-lagu keagamaan, pembacaan ayat suci Al Quran, dan ceramah agama Islam), video yang berhubungan dengan makanan (tutorial memasak, tutorial membuat kue, dan vlog makanan), serta channel kecantikan (tutorial hijab, make-up yang tahan lama, dan tips-tips make-up untuk pemula).

Terakhir, Google mengatakan jika Ramadan jelas merupakan masa di mana konsumen ingin memberikan yang terbaik dari diri mereka saat menghabiskan momen-momen berharga bersama teman dan keluarga. Namun, selama bulan ini, para warganet juga tak lupa merencanakan perjalanan.

Lima destinasi utama dalam negeri yang ditelusuri selama Ramadan 2018 adalah: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Sementara itu, penelusuran destinasi luar negeri yang paling sering adalah Tokyo, Osaka, Kyoto, Kuala Lumpur, Bangkok, Paris, London, Amsterdam, Melbourne, dan Sydney. (C-003)***