Hj. Ineu Berhasil Raih Gelar Doktor dari Unpad Bandung

34

BISNIS BANDUNG- Hajah Ineu Purwadewi Sundari yang kini menjabat Ketua DPRD Jabar  berhasil meraih gelar doktor atau gelar pendidikan Strata Tiga (S3) di bidang Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dengan  predikat cum laude.

 “Alhamdulillah disertasi saya yang berjudul ‘Partisipasi Dalam Perumusan Kebijakan Publik’ berhasil mengantarkan saya meraih gelar doktor dari Unpad,” kata Ineu Purwadewi Sundari kepada wartawan  di Bandung, Senin pekan ini.

Ia menjalani sidang promosi doktor di Kampus Unpad Jalan Dipati Ukur Kota Bandung baru-baru ini, dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, tokoh masyarakat serta akademisi tersebut, dirinya bisa mempertahankan disertasinya dengan menjawab semua pertanyaan dari tim promotor dan profesor lainnya.

Teh Ineu, panggilan akrabnya  mengucapkan rasa terima kasihnya kepada tim promotor, para profesor dan guru besar, serta Rektor Unpad yang telah membimbingnya dalam menyelesaikan studi doktor tersebut.

Dia mengatakan dorongan dirinya untuk meraih gelar akademis tersebut bukan hanya untuk meraih nilai akademis yang baik, namun untuk mendukung partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam melahirkan kebijakan publik yang berpihak kepada masyarakat.

Menurut Ineu konteks penelitian tersebut bersumber dari peran DPRD dalam merumuskan  berbagai kebijakan yang bersumber dari aspirasi yang berkembang dalam masyarakat. Akan tetapi dalam pelaksanaannya memunculkan berbagai keluhan dan harapan yang disampaikan oleh masyarakat kepada DPRD menjadikan peran aspirasi ini menjadi penting dalam bagian cara  merumuskan kebijakan bagi pemerintah daerah.

“Hanya saja bagaimana DPRD mengelola aspirasi yang disampaikan ini menjadi berkualitas sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik ” kata Ineu.(B-002)***