Daya Pikat Teletubbies Bukit Pasir Pogor

74

            Menikmati kawasan Garut Selatan seolah tidak  ada habisnya, pesona dan keindahan alamnya sangat sayang jika tidak dinikmati. Aksebilitas menuju kawasan Garut Selatan  sangat mudah dijangkau.Bila perjalanan dimulai dari Bandung ada dua laternatif jalan yang bisa di tempuh, melalui jalur Bandung menuju Kota Garut kemudian menuju Cikajang wilayah Garut Selatan. Alternatif kedua melalui jalur Ciwidey ataun Pangalengan Bandung Selatan. Potensi wisata alam di Garut Selatan cukup banyak dan menajdi favorit para pelancong , mulai dari kawasan pantai . Wilayah Garut Selatan, selain pesona pantai  , juga  banyak air terjun atau curug.

Selain satu potensi yang dikunjungi Mandalawangi adalah destinasi wisata Bukit Teletubies di wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk. Oleh masyarakat sekitar , bukit dikenal dengan nama bukit Pasir Pogor,namun kemudian populer  sebutan Bukit Teletubies. Lokasi tepatnya bukit Teletubies tidak jauh dari pantai Sayang Heulang .anya diperlukan kurang lebih 10 menit saja untuk mencapai lokasi dari Pantai Sayang Heulang.Topografi bukit ini sangat indah,tidak mengherankan bila dijuluki bukit Teletubies karena kemiripannya dengan sebuah seri tayangan film kartun di televise yang populer tanah air beberapa waktu lalu.

            Daya tarik utama kawasan tersebut tentu saja pemandangan alamnya,rumput menghijau sepanjang mata memandang dengan desiran angin,membuat siapapun yang melancong kesini betah menghabiskan waktunya.Bagi pehobi fotografi tempat ini menjadi spot favorit untuk mengeksplorasi keindahan alam.Selain dinikmati melalui lensa kamera kawasan ini kerap juga di jadikan sarana untuk berkemah, menikmati malam di pesisir pantai.Mereka biasanya menunggu momen matahari terbenam dan  terbit . Fasilitas pendukung wisata cukup lengkap,meski dikelola oleh masyarakat sekitar . Setiap akhir dan libur panjang banyak dikunjungi para pelancong  yang datang dari luar kota Garut .

            Pada saat bulan Ramadan ,Bukit Teletubies menjadi arena ngabuburit masyarakat Garut Selatan.Mereka berdatangan selepas Ashar hingga menjelang berkumandang adzan Magrib.Masyarakat yang ngabuburit terdiri dari berbagai kalangan baik tua maupun muda hingga anak – anak.Banyaknya masyarakat yang ngabuburit dimanfaatkan oleh para penjual takjil dan  penjual mainan anak anak. Obyek wisata ini , khususnya pada bulan Ramadan selalu memberikan rahmat dan rizki bagi masyarakat Garut Selatan. (E-001) ***