Jaga Stamina Saat Perjalanan Mudik

9

Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal beberapa hari lagi. Aspek keselamatan menjadi hal yang penting bagi anda yang hendak melakukan perjalanan mudik  menggunakan kendaraan pribadi maupun sepeda motor.

Menurut Jusri Pulubuhu, Founder & Lead Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), stamina pengemudi menjadi hal utama saat melakukan perjalanan mudik. Selain memperhatikan kondisi kendaraan, kesehatan dan mengatur waktu istirahat juga  diperlukan. Bikers yang melakukan perjalanan panjang pada saat mudik pada siang hari,  apalagi sedang  berpuasa merupakan pekerjaan berat yang sangat menguras stamina.

Agara terhindar dari rasa lelah yang berlebihan , idealnya perjalanan dilakukan maksimal sepuluh jam  termasuk masa istirahat selama perjalanan (setiap dua jam perjalanan, lakukan rehat selama 10 – 15 menit dan lakukan secara berkala setiap dua jam ).

Selain itu, asupan makanan atau minuman yang sehat dan proporsional perlu diperhatikan, terlebih jika masih melakukan ibadah puasa selama perjalanan. karena asupan makanan yang benar akan menambah stamina.

Menurut Jusri, Pola asupan sangat berarti dalam aspek stamina yang dibutuhkan seorang biker atau driver dan penumpangnya. Hindari makanan berlemak dan berminyak, seperti junk food. Hindari pula minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cola dan soft drink saat berbuka maupun sahur. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan mineral yang terdiri dari sayuran, daging kaya protein, susu dan yoghurt. (E-002)***