Jelang Idul Fitri , BI Siapkan Rp 30 Triliun Untuk Kebutuhan Warga Jabar

8

BISNIS BANDUNG – Bank Indonesia mulai melayani penukaran uang bagi masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Uang yang disiapkan untuk  Kota Bandung dan sekitarnya, BI menyiapkan Rp 13,7 triliun. Sementara untuk BI Cirebon mencakup Kota/Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan dan  Indramayu Rp 7,25 triliun dan BI Tasikmalaya  untuk Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Banjar, Ciamis Pangandaran disiapkan Rp 3,41 triliun.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Doni Primanto Joewono mengatakan, Bank Indonesia tahun ini menggelontorkan hampir Rp 30 triliun untuk melayani penukaran uang yang tersebar di seluruh daerah di Jawa Barat. Jumlah uang untuk wilayah Cirebon , Tasik dan Pangandaran Rp 24,36 triliun. Ditambah Bogor, Depok dan Bekasi , total menjadi sekitar Rp 30 triliunan.

”  Bank Indonesia melibatkan 13 bank untuk melayani masyarakat setiap hari hingga 29 Mei 2019 mendatang,” ujar Doni , Selasa lalu di Monumen Perjuangan, Kota Bandung.
Dikemukakan Doni,  masyarakat tidak lagi  kesulitan untuk  mencari lokasi penukaran uang atau  membeli uang  di pinggir-pinggir jalan.  Bank Indonesia sudah mendrop uang baru di seluruh bank serta menyiagakan kas keliling di 44 titik di Jawa Barat.
“Untuk nasabah  penukaran bisa dilakukan di masing-masing bank ,” ungkap dia.
Dijelaskan Doni ,  khusus Bandung dan sekitarnya  sejauh ini pihaknya sudah mendistribusikan Rp 11,4 triliun ke setiap bank. Pihaknya menargetkan serapan penukaran  mencapai Rp 1,5 triliun untuk pecahan besar dan Rp 12,2 triliun pecahan kecil.
BI juga menyediakan mobil layanan penukaran uang untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang belum menjadi nasabah bank, atau enggan antre lama di bank.
“Jadi yang belum menjadi nasabah bank bisa mendatangi mobil layanan penukaran yang buka setiap hari dari pagi hingga siang hari,” ungkap Doni .
Selain ke bank konvensional,  tahun ini Bank Indonesia menyuplai uang baru ke BPR yang memang tidak memiliki rekening di Bank Indonesia.
“Tahun ini BPR  kami drop , tahun sebelumnya tidak,”tambah Doni. (B-003) ***