Kemampuan Anak Spiders Kids Menari Di Atas Ketinggian

19

             Aktivitas memanjat tebing di Indonesia mulai dikenal pada pertengahan tahun 1970-an. Sejak saat itu memanjat tebing menjadi aktivitas yang dikenal luas terutama oleh para penikmat kegiatan alam bebas. Seiring perjalanan waktu aktivitas memanjat ini semakin beragam dengan hadirnya papan panjat dinding pada medio tahun 1980-an. Secara garis besar aktivitas memanjat tebing alam maupun papan panjat,merupakan aktivitas yang memiliki resiko cukup tinggi.Bukan hanya peralatan pengaman yang harus lengkap,namun dibutuhkan  kemampuan khusus bagi para pelakunya. Atas hal itu sebuah sekolah panjat tebing Merah Putih yang  digagas oleh Tedi Ixdiana mengadakan kegiatan di berbagai pelosok Indonesia , tujuannya  untuk mencetak individu individu yang memiliki kemampuan terlatih pada bidang panjat tebing serta panjat dinding.

            Dibawah naungan sekolah panjat tebing Merah Putih berdiri berbagai komunitas panjat tebing,salah satu yang cukup menonjol ialah komunitas Spiders Kids Bandung. Uniknya komunitas ini terdiri dari anak – anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Setiap sore anggota komunitas berlatih di markas vertical rescue Indonesia yang terletak di Jalan Pahlawan no 70 Bandung. Setelah melakukan peregangan, di tempat latihan ini mereka mulai aktifitasnya d iatas ketingian papan panjat . Salah seorang peserta latihan adalah Balqis (8 thn) yang sudah terampil dalam memilih poin untuk menambah ketinggian.Meski baru menggeluti dunia manjat sejak tahun 2017 telah mengantarnya mengikuti berbagai lomba panjat dinding untuk kategori kelompok umur.

Komunitas Spiders Kids dibentuk sebagai wadah untuk menjaring bibit bibit potensial di bidang panjat tebing alam dan panjat dinding. Selain di Bandung komunitas ini tersebar di berbagai kota lain di Jawa Barat maupun luar Jawa Barat. Pada akhir tahun 2018,  komunitas ini  mengadakan kegiatan jambore Spiders Kids pertama di kawasan tebing Cilopang Garut.  Materi latihan komunitas ini selain memanjat papan panjat yang dikombinasikan dengan boulder. Sementara para instruktur sangat cermat dalam memberikan arahan kepada anak-anak asuhannya, hal ini harus dilakukan karena teknik yang benar dalam memanjat akan sangat berguna bagi kemampuan mereka. Dengan memiliki kemampuan cukup baik serta rajin berlatih, akan meminimalkan resiko kecelakaan dalam aktivitas yang menantang adrenalin tersebut.

Para orang tua dari anak – anak yang tergabung dalam Spiders Kids sangat  mendukung anak – anak kegitan ini , terlihat dari hadirnya mereka setiap kali kegiatan latihan .Mereka menyambut positif kegiatan anaknya melalui olahraga panjat tebing atau papan panjat guna menempa mental dan jasmani  anaknya. (E-001) ***