Menikmati Botok Roti Kuliner Khas Kesultanan Cirebon

201

            Di Cirebon terdapat   penganan yang memiliiki citarasa unik yang berasal dari perpaduan berbagai budaya yang ada di Cirebon . Di Kota “ Udang” Cirebon  banyak ragam kuliner yang sangat familiar , di antaranya empal gentol,nasi lengko dan tahu gejrot.Namun selain makanan  tersebut ada satu penganan yang cukup populer juga di Cirebon. Konon makanan ini merupakan menu khas  keraton yang dinamakan Botok Roti ,  perpaduan citarasa kuliner Cirebon dengan Eropa. Menurut beberapa literatur Botok Roti sudah ada di Cirebon sejak tahun 1800- an.

            Pada saat bulan Ramadan para penjual Botok Roti mudah ditemui.Belum lengkap rasanya jika ke Cirebon belum menyantap hidangan tersebut. Aroma wangi daun pandan ciri khas aroma Botok Roti botok yang hanya dujual saat bulan Ramadan . Botok Roti dikemas menggunakan daun pisang  berasa manis dan aroma  wangi. Awalnya  disajikan  terbatas hanya untuk kalangan keraton, saat ini makanan tersebut bisa dinikmati oleh siapa saja. Botok Roti,perpaduan citarasa Eropa diwakili dalam bentuk roti, sedangkan gula aren dan pandan mewakili citarasa Cirebon.

            Salah satu pengusaha kue yang memproduksi Botok Roti  berada di Kecamatan Plered Cirebon . Geliat usaha pembuatan Botok Roti cukup menjanjikan seiring tingginya permintaan pasar makanan khas keraton tersebut. Bahan balu Botok Roti berupa lembaran roti tawar, telur, gula aren, daun pandan dan santan. Untuk menyesuaikan selera makanan ini bisa ditambah bahan pelengkap seperti kolang kaling, labu siam atau kacang hijau. Makanan ini bisa tahan hingga  3 hari. Botok Roti enak disantap saat masih hangat.

Ingin membuat Botok Roti , membuatnya cukup mudah

Bahannya  :

200 gr atau 10 lembar roti tawar tanpa kulit, potong panjang

150 gr kolang kaling, iris tipis

100 gr kelapa degan, ambil dagingnya

4 buah pisang raja, potong kecil

4 buah nangka, potong-potong

Daun pisang untuk membungkus

Bahan Saus :

250 ml susu cair

200 gr gula merah, iris

150 ml santan

¼ sendok teh garam

Proses pembuatannya :

Saus : sus, santan, gul amerah dan garam direbus menjadi satu hingga gula larut. Angkat dan saring.

Tambahkan potongan roti, kolang kaling, pisang raja, kelapa dan nangka. Aduk sampai rata.

Ambil selembar daun pisang, tambahkan 1 sampai 2 sendok makan adonan, bungkus bentuk tum dan sematkan bagian atasnya dengan lidi. Lakukan hingga adonan habis.Kukus botok roto sekitar 30 menit sampai matang dengan api sedang.Angkat dan sajikan botok roti saat masih hangat. (E-001) ***