Latihan Vertical Rescue Di  Perkotaan

10

       Vertical rescue merupakan sebuah operasi penyelamatan di ketinggian, baik perkotaan atau pegunungan. Dalam operasi penyelamatan ini, keamanan proses evakuasi tak hanya membutuhkan keterampilan khusus dari penyelamatnya tetapi juga peralatan yang memadai. Untuk itu karena keberadaannya yang cukup penting dalam sebuah operasi penyelamatan,perlu adanya latihan khusus dan berkesinambunganagar semua personil yang terlibat memiliki kemampuan mumpuni.

        Beberapa waktu lalu  mengambil tempat di salah satu bangunan tinggi di Jalan Braga Kota Bandung,tim Vertical Rescue yang di komandoi Kang Tedi Ixdiana melakukan simulasi evakuasi korban di wilayah perkotaan. Skenarionya terjadi bencana kebakaran di salah satu hotel ,para korban terjebak di beberapa lantai.Setelah orientasi medan ternyata banyak korban terjebak di lantai atas dan membutuhkan evakuasi sesegera mungkin.Evakuasi harus dilakukan secepat mungkin agar korban tidak mengalami hal hal yang tidak di inginkan.Korban pertama di evakuasi dari lantai 17,dengan teknik rapeling korban di turunkan secara hati-hati,proses penurunan korban ini membutuhkan kehati hatian untuk menghindari trauma.Selanjutnya korban korban berikutnya di turunkan,selain di pandu oleh tim vertical rescue,ada juga beberapa korban yang turun tanpa di dampingi.Dalam simulasi ini terdapat korban yang harus di turunkan dengan mengunakan tandu,karena skenarionya korban tersebut mengalami luka serius, sehingga sangat membutuhkan penanganan cepat untuk menghindari resiko kematian.

        Dalam evakuasi vertical rescue  di  pegunungan maupun perkotaan memiliki tingkat kesulitan berbeda.Apabila di pegunungan senantiasa di hadapkan pada keadaan alam yang tidak bisa di prediksi. Di  perkotaan tingkat kesulitannya terletak pada bentuk pendukung bangunan tinggi,misalnya  saat melakukan proses evakuasi dari atas hotel yang memiliki dinding kaca , tim evakuasi maupun korbannya harus berhati hati, ketika melakukan proses penurunan,karena sewaktu waktu dinding kaca bisa pecah dan pecahannya bisa mengenai tim atau korban.Selain itu dalam proses pemasangan alat pendukung proses evakuasi di butuhkan keahlian khusus,karena gedung gedung tinggi di perkotaan karakteristik serta materinya berbeda dengan tebing batu.Selain  karena sifatnya yang darurat proses evakuasi dari ketinggian ini sangat menuntut keahlian khusus  anggota tim vertical rescue.Salah satu cara mengasah keahlian adalah dengan terus berlatih keras.karena  kita tidak akan pernah tahu kapan bencana itu datang,dan ketika datang, kita harus siap melakukan operasi penyelamatan. (E-001) ***