Parsel Harga Rp 75 Ribu Yang Paling Laris Manis

23

BISNIS BANDUNG — Pedagang musiman yang menjajakan hampers atau parsel selalu mewarnai menjelang Lebaran di Bandung dan sekitarnya. Meski tak selaris  tahun-tahun sebelumnya, para pedagang tetap bertahan karena keuntungan tetap didapat. Dan yang paling laris manis adlah parsel dengan garha Rp 50 ribuan.

Sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat membeli  parsel untuk dihadiahkan kepada keluarga dekat maupun mitra kerja, sehingga sejumlah tempat berubah fungsi menjadi kios-kios dadakan khusus jualan parsel Lebaran.

Kios dadakan parsel banyak ditemui di sudut-sudut  Kota Bandung. Harga parsel yang dijual beragam mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp700 ribu per paket.
“Untuk ukuran yang kecil berisi tujuh barang minuman dan makanan ringan harganya Rp65 ribu, kalau yang 9 barang harganya Rp100 ribu dan kalau makanan ringan, minuman dan aksesoris tatakan piring dan gelas, harganya bisa Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per paket,” kata pedagang parsel  bernama Tatang di jalan Buahbatu Bandung.

Di lain tempat, yaitu di Jalan Buah Batu Bandung harga parsel ada yang lebih murah seharga dari Rp50 ribu hingga termahal Rp700 ribu per paketnya.

Paling laris dibeli masyarakat, parsel harga Rp50 ribu dan Rp75 ribu per paketnya. Untuk paket Rp50 ribu itu berisi enam barang, sedangkan paket Rp75 ribu berisi tujuh barang yang berjenis makanan ringan dan minuman.

Seorang pedagang Dede mengungkapkan kalau parsel dengan harga Rp50 ribu dan Rp 75 ribu laris dengan penjualan per harinya bisa mencapai 15 paket yang terjual berisi berbagai makanan ringan, di antaranya biskuit, wafer roll, keripik singkong atau keripik ketang dan minuman. Karena larisnya dua paket parsel ini, pembeli harus memesan terlebih dahulu agar bisa mendapatkannya.

Berbeda dengan kios-kios dadakan di pinggir jalan Bandung, pusat pembelanjaan memasang harga lebih mahal. Perbedaan harga ini karena parsel yang ditawarkan di pusat pembelajaan diisi dengan makanan dan minuman dengan merk terkenal di masyarakat. Harganya mulai dari Rp150 ribu per paket ukuran kecil dan Rp300 ribu untuk ukuran sedang. (B-002)***