Umumnya Para Pemudik Penjual Tahu Sumedang Kebanjiran Pembeli

145

BISNIS BANDUNG – Omset  pedagang penjual tahu Sumedang di sepanjang jalur Jalan Bandung-Cirebon maupun sebaliknya pada libur Lebaran tahun  naik hingga 10 %.
Pedagang tahu Sumedang Gunung Palasari,  Sevta Nugraha mengatakan, kenaikan omset penjualan tahun mencapai puncaknya terjadi pada hari H Lebaran 2019.
Jika hari biasa hanya terjual sekira lima ancak (1 ancak = 144 biji)namun hari H Lebaran 2019 , bisa menghabiskan atau terjual minimal 30 ancak/hari.

“Alhamdulillah, sejak hari H Lebaran  ramai pembeli. Sehari, bahkan bisa habis minimal 40 ancak,” tutur Sevta di kios tempatnya berjualan di kawasan  Jalan Raya Pangeran Kornel, Sumedang Selatan, Senin malam (10/6/2019) menjawab pertanyaan BB mengenai omzet penjualan tahu Sumedang pasca Lebaran.
Sevta menuturkan, rata-rata para penjual tahu yang menjajakan dagangannya di gerai sepanjang jalur jalan nasional  Bandung – Cirebon  mengalami kenaikan penjualan tahu Sumedang yang sangat signifikan. Umumnya pembeli , jika dilhat dari plat nomor mobilnya , berasal dari Jakarta , Bogor dan lainnya dari luar wilayah Sumedang

“Berkah Ramadan , Alhamdulillah  rata- rata  omset pedagang penjual tahu naik. Tiap kios  sibuk melayani pembeli.  Kalau saya tanya , umumnya pembeli berasal dari Jakarta , Bogor dan kota  lain di Jawa Barat, bahkan ada yang berasal dari Lampung,” tutur Sevta memperjelas pembeli tahu Sumedang.
Sevta menyebutkan, meski omset naik dari hari-hari  biasa. Namun, omzet penjualan tahu Sumedang jika dibanding dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini turun sedikit dari tahun sebelumnya.
” Tahun lalu, omzet penjualan dalam sehari bisa sampai 100 ancak,” tutur Sevta.
Hal yang sama diungkapkan, pemilik Rumah makan tahu Sindang Rasa, Hernawan Safari , bahwa penjualan tahu pada Lebaran ini mengalami kenaikan dibanding hari- hari biasa. Faktor penyebabnya , bisa jadi karena difungsikannya jalan Tol Cipali.
Sementara , Yudayna Rachman, pembeli tahu Sumedang asal Bogor mengaku sengaja mampir dan membeli tahu Sumedang untuk oleh-oleh, selain untuk dikonsumsi saat dalam perjalanan.
“Saya dari Bogor, habis mudik ke Ciamis. Tadi di Malangbong dialihkan ke jalur Sumedang. Ya kebetulan, bisa beli tahu Sumedang buat oleh-oleh,” tuturnya kepada BB di kios tahu Sumedang Gunung Palasari, Jumat malam. (E-010) ***