Daya Tarik Alun-alun Kota Wonosobo Ditengah Bentang Alam Pegunungan

133

Kali ini Mandalawangi berkunjung ke beberapa obyek di Kota Wonosobo , di antaranya Alun – alun yang menjadi pusat keramaian yang banyak dikunjungi warga masyarakat. Mungkin karena itu bila kita ingin melihat salah satu aktivitas warga masyarakat suatu daerah datang saja ke Alun-alunnya.Sejak masa kerajaan kerajaan di nusantara,pola tata Alun – alun pada umumnya seragam.Di sekitar Alun – alun biasanya terdapat pusat pemerintahan,pusat ibadah, tempat keramaian, bahkan rumah penjara dan pusat perekonomian . Sebuah kota akan tampak sepi , seolah tanpa identitas kedaerahan tanpa Alun-Alun. Sejak zaman kolonial sampai sekarang , Alun-alun terjaga keberadaannya, seperti halnya Alun-alun di wilayah Kabupaten Wonosobo yang terletak di tengah Pulau Jawa dengan bentang alam yang di kelilingi pegunungan.Pusat Kota Wonosobo Jawa Tengah mudah dijangkau, Alun – alunnya berada di kawasan Jalan Pemuda. Aksebilitas menuju kawasan ini cukup baik,termasuk kontur jalan yang bisa dilalui oleh moda transportasi roda empat maupun roda dua. Alun – alun Kota Wonosobo merupakan sebuah kawasan yang sangat ramai , dari pagi hari hingga malam banyak masyarakat beraktivitas . Salah satu kegiatan masyarakat adalah bersepeda sambil menikmati keindahan Alun alun yang tertata. Bila tidak membawa sepeda sendiri tidak perlu khawatir, kita bisa menyewa di tempat penyewaan sepeda di sekitar Alun – alun. Selain sepeda juga terdapat sewaan mobil mini,becak mini hingga motor kecil . Biasanya anak – anak pada umumnya sangat suka menaiki becak mini atau motor mini . Di bagian tengah Alun-alun tersedia lapangan untuk bermain futsal, voli dan basket.

Bagi para pecinta kuliner, tempat ini banyak aneka kuliner khas Wonosobo yang dijajakan di bagian luar Alun alun. Harganya cukup murah,mulai dari mie ongklok, sate jamur, hingga es durian dan aneka jenis kuliner tradisional yang akan memanjakan lidah .Ruang publik ini semakin rame pada akhir pekan atau minggu pagi karena banyak digelar berbagai kegiatan Ada yang unik tersedia di kawasan Alun-alun , yakni odong-odong. Kendaraan sejenis becak besar dengan lilitan aneka lampu warna-warni bisa disewa untu mengelilingi Alun-alun. Becak besar ini dikayuh bersama.

Setiap alun – alun biasanya dilengkapi juga dengan kehadiran masjid, begitu juga dengan Alun – alun Wonosobo terdapat masjid, sehingga bagi wisatawan muslim jika sudah masuk waktu shalat bisa segera menunaikannya.Lapangan yang hijau, pepohonan yang rimbun, jogging track yang bersih, pemandangan yang indah melihat Gunung Sumbing – Sindoro di saat cuaca cerah, ditambah udara yang sejuk, membuat Alun – alun Wonosobo ramai dikunjungi warga masyarakat. (E-001) ***