Telaga Menjer Gunung Pakuwaja Sebuah Destinasi Wisata Tersembunyi

67

Wonosobo tidak hanya memiliki pegunungan Dieng yang menjadi destinasi wisata favorit yang memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan. Ada destinasi lain yang tak kalah menarik , yakni Telaga Menjer yang secara administratif terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung Wonosobo. Lokasinya berada di sebelah utara Kota Wonosobo , berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Untuk Telaga Menjer adalah arah menuju Alun-alun Kota Wonosobo. Dari kawasan Alun-alun perjalanan dilanjutkan melewati Jalan Dieng yang berada di sebelah barat Alun-alun.

Sesampai di Pasar Garung yang jaraknya sekitar 8 km dari Alun-alun Wonosobo terdapat pertigaan , ikuti jalan sebelah kiri hingga sampai ke Telaga Menjer.Kondisi jalan dari Pasar Garung hingga ke Telaga Menjer banyak tanjakan dan berkelok-kelok. Pada jalur ini sebaiknya anda harus berhati-hati dalam berkendara.Telaga Menjer Telaga Menjer berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan luas area sekitar 70 hektare memiliki kedalaman sekitar 45 meter. Karena berada di ketinggian cukup tinggi, suhu di Telaga Menjer cukup sejuk , suhu udara rata-rata 22-27° celsius.Telaga Menjer terbentuk dampak dari letusan Gunung Pakuwaja di kawasan Dieng .Pada masa kolonial Belanda di bangun bendungan yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan dengan perkembangan waktu Telaga Menjer mulai di manfaatkan menjadi tempat wisata yang menarik.Meskipun berada di kaki pegunungan Dieng, karena lokasi telaga letaknya tersembunyi dan minim papan informasi, hingga banyak masyarakat yang belum mengetahui keberdaan potensi alam yang indah tersebut. Banyak di antara wisatawan langsung menuju ke Dieng tanpa mampir di telaga ini, karena memang jalur menuju Telaga Menjer harus memotong jalur yanag tak melintasi jalur utama Dieng.

Harga tiket masuk Telaga Menjer cukup terjangkau. Tiket seharga Rp 3000/dewasa dan Rp 2.000/anak.Untuk menikmati telaga menggunakan perahu biaya sewa Rp 70.000/ perahu atau Rp 7.000/penumpang. Perahu ini baru bisa diberangkatkan, jika penumpang sudah mencapai 8 orang plus pengemudi perahu sebagai batas minimum penumpang. Jika masih kurang dari 8 orang.Keindahan telaga ini mampu membius rasa setiap pelancong yang menikmati keindahan Telaga Menjer . Dibalik keindahannya ada semacam mitos yang berkembang dan diyakini masyarakat , yakni apabila sepasang kekasih datang ke telaga , sepulangnya bertengkar atau merasa tidak cocok , hingga akhirnya memutuskan untuk berpisah. Benar atau tidak, namanya juga cerita tanpa fakta. (E-001) ***