Untuk Memudahkan Ganti Ban Pastikan Letak Posisi Dongkrak

24

Dongkrak mobil bisa dibilang sebagai alat bantu yang jarang dipakai. Beberapa pemilik mobil bahkan ada yang tidak pernah menggunakannya. Namun, keberdaannya perlu diketahui posisi penyimpanannya di dalam mobil.
Dalam keadaan darurat seperti ban yang sedang terpakai bocor jangan sampai pengemudi tidak tahu letak dongkrak tersimpan. Tentu proses penggantian ban menjadi lama jika lebih waktunya banyak tersita untuk mencari-cari dongkrak. Akan semakin tidak nyaman jika hal tersebut terjadi saat dini hari.
Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor menjelaskan, tempat dongkrak umum berada di bawah jok kursi depan penumpang , ada pula yang di bagasi atau kompartemen lain bagian belakang kendaraan.
Tempat dongkrak mobil juga tempatnya tidak selalu sama dengan ban serep. Ada mobil yang menyimpan ban serep di bagian bawah bagasi, namun dongkraknya tersimpan di bawah jok kursi depan penumpang.

“Ada yang tempat menyimpannya di samping belakang kanan bagasi belakang. Beberapa mobil juga ada yang menyimpannya berdekatan dengan ban serep, di ruang bagasi,” jelas Imam, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Dengan mengetahui posisi tempat menyimpan dongkrak, akan mempercepat proses penggantian ban . (E-002)***