PVMBG Turunkan Status Gunung Sinabung

4

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi  menurunkan status Gunung Sinabung dari siaga menjadi waspada. Walaupun demikian, abu vulkanik masih muncul dengan ketinggian tujuh ribu meter di atas permukaan kawah gunung.

Pasca terjadinya erupsi pada hari minggu kemarin, pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi  menurunkan status gunung sinabung dari siaga menjadi waspada. Dalam seminggu terakhir, terjadi gempa low frekuensi dua kali gempa. Hal tersebut memicu erupsi pada gunung sinabung. Selain itu awan panas juga keluar dari kawah dan mengarah ke tenggara sejauh tiga setengah kilometer. Abu vulkanik dari gunung sinabung, keluar dengan ketinggian tujuh ribu meter di atas permukaan puncak dan mengarah ke arah barat sejauh empat puluh kilo meter. Sejumlah desa di sekitar gunung sinabung juga terdampak oleh erupsi gunung. Masyarakat diimbau, tidak mendekati radius aman sejauh lima kilometer dari bibir kawah.

Hingga saat ini pihak pvmbg akan berkoordinasi dengan menteri perhubungan terkait rute penerbangan, dikarenakan adanya abu vulkanik yang keluar dari gunung sinabung dengan ketinggian tujuh ribu meter.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.