BIJB Digunakan Jemaah Haji 2020

32

BISNIS BANDUNG- Pemprov Jawa Barat menargetkan pada 2020 nanti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bisa  digunakan untuk jamaah haji. Sedangkan untuk  ibadah  umrah diprakirakan antara bulan Agustus sampai September 2019.

“ Supaya target 2020 itu dapat dipenuhi,  tentunya  sebelumnya harus ada penetapan terlebih dahulu dari Kementerian Agama RI,”   tutur Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa kepada wartawan, pekan ini seraya menambahkan  ia sudah minta bulan Juni dan Kakanwil Kemenag Jabar  sudah berjanji bulan Juni penetapan itu bisa selesai,” ujar Iwa kepada wartawan Galamedia, Anthika Asmara.

Sebagaimana diketahui, Kemenag RI menyatakan BIJB tidak dapat digunakan untuk keberangkatan haji tahun ini karena tak mungkin mengubah perjanjian bilateral antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Pelayanan ekstra

Terkait gagalnya pemberangkatan haji tahun 2019 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana mengingatkan Pemprov Jawa Barat harus memberikan pelayanan yang ekstra pada tamu Allah, maka bandara harus disempurnakan semua sarana dan prasarananya untuk mengejar pemberangkatan haji 2020.

Jika  infrastruktur penunjang telah memadai dengan adanya akses Tol Cisumdawu maka BIJB bukan hanya dapat memberangkatkan jemaah haji. Namun, tambah dia, bandara yang berada di Kertajati, Kabupaten Majalengka itu pun dapat digunakan oleh pesawat komersial dengan optimal.

Soal rencana embarkasi haji di Indramayu, menurut Haris, idealnya berada di dekat bandara atau tidak jauh dari Kabupaten Majalengka. Paling memungkinkan, yaitu di kawasan Aerocity Kertajati. “Embarkasi belum siap ya, ya harus dekat bandara lah. Ini kan Aerocity itu,” katanya. (B-002)***