Gedung Hitam dan Miniatur Al Qur’an Jadi Pemikat  Kota ”Tauco” Cianjur

68

Ruang publik di Kota ”Tauco” Cianjur bertambah  dengan diresmikannya Alun-alun kota tersebut oleh presiden RI beberapa waktu lalu. Fungsi Alun-alun di sebuah kota , selain sebagai ruang publik, juga jadi ruang sosial, ruang budaya, dan ruang demokrasi. Alun alun Cianjur menjadi proyek percontohan nasional tentang bentuk dan fungsinya. Setelah diresmikan tempat ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi masyarakat Kabupaten Cianjur.Setiap hari  bisa melihat warga masyarakat antusias mengahabiskan waktunya di staman kota itu. Pada umumnya masyarakat mengunjungi kawasan itu pada pagi hari,sore hingga malam . Lokasi Alun -alun sangat mudah dijangkau,aksebilitas menuju lokasi  tidak sulit untuk menemukannya,bahkan bagi para pengunjung dari luar Kota Cianjur sekalipun.

            Taman yang dibangun dari dana APBD Cianjur , kini seolah menjadi pusat kunjungan warga dari berbagai daerah. Di tempat  ini  terdapat sejumlah spot foto Instagramable. Seperti  diketahui, saat ini tempat-tempat yang memiliki spot foto menarik telah menjadi incaran kaum muda. Beberapa tempat yang bisa dijadikan spot foto antara lain gerbang yang bentuknya sepintas terlihat seperti kubah. Gedung berwarna hitam itu juga bertuliskan Asmaul Husna. Spot foto berikutnya adalah miniatur Al-Quran raksasa berwarna kuning keemasan. Bagian belakang miniatur terdapat pemandangan kemegahan Masjid Agung Cianjur. Selain itu, di sekitar miniatur juga terdapat kolam berbentuk lonjong.

            Keindahan Alun-alun Cianjur tak hanya sampai di situ. Di sekitaran Alun-alun, terdapat rumput sintetis yang membuat suasana terkesan nyaman dan asri. Ada pula panggung dengan beberapa bangku yang terbuat dari semen. Area itu dapat difungsikan untuk tempat pertemuan maupun pertunjukan. Masih ada fasilitas lain yang ada di Alun-alun . Mulai dari panggung olaraga tematik, saung dan koridor pejalan kaki yang sangat panjang. Alun-alun Cianjur memiliki beberapa pintu di sisi utara, timur selatan, dan barat.Dengan banyaknya fasilitas yang bisa dipakai oleh para pengunjung tidak mengherankan untuk saat ini angka kunjungan masyarakat ke Alun alun Cianjur  mencapai ribuan orang perhari.

            Tidak bisa dipungkiri setelah menjadi salah satu destinasi warga masyarakat Cianjur dan luar Cianjur dengan fasilitas penunjang wisata di sekiatarnya ,masyarakat juga tidak perlu jauh jauh untuk mencari berbagai kuliner,karena banyak  penjaja kuliner yang menjajakan dagangannya di sekitar kawasan Alun alun.Selain itu fasilitas pendukungnya cukup lengkap , seperti toilet maupun sarana parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.Satu hal lainnya yang menjadi daya tarik masyarakat mengunjungi kawasan ini karena tampilan Alun-alun di sosial media. Bukan rahasia lagi untuk saat ini keampuhan sosial media dalam mempromosikan suatu lokasi sangat cepat. (E-001) ***