Wisata Alam Chelak Indah Keindahan Alam  Cianjur Selatan

81

KETIKA Mandalawangi di Cianjur, setelah menikmati keindahan taman Alun-alun Cianjur , perjalanan dilanjutkan menuju wilayah Cianjur Selatan untuk  menikmati pesona lokasi wisata alam Chelak Indah di wilayah Kecamatan Tanggeung.

Untuk mencapai lokasi dari pusat kota Cianjur dibutuhkan  waktu perjalanan sekitar 2,5 jam , bahkan bisa lebih dengan menggunakan kendaraan roda empat. Hal ini dikarenakan topografi jalur jalan di daerah selatan banyak tikungan tajam , tanjakan dan turunan.Diperlukan kehati-hatian dan keterampilan mengemudi saat melintasi daerah itu. Tidak mengherankan jika para pengemudi angkutan umum menuju Cianjur Selatan, sudah sangat teruji dalam mengemudikan kendaraan yang dibawanya berupa minibus.

            Sesampainya di wilayah Kecamatan Tanggeung,perjalanan menuju Desa Pagermaneuh, lokasi atau tempat obyek wisat alam Chelak Indah .Destinasi wisata yang terletak pada ketinggian itu dibuka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Meski baru dibuka setahun yang lalu, namun menurut pihak pengelola angka kunjungan wisatawan cukup banyak, terutama pada hari libur dan akhir pekan. Para pelancong masih didominasi oleh warga masyarakat sekitar serta  dari wilayah Kabupaten Cianjur,namun ada  beberapa pelancong dari luar daerah Cianjur. Panorama alam yang menakjubkan serta suasana khas pegunungan menjadi  daya tarik utama kawasan wisata itu.

            Ada beberapa daya tarik lainnnya di kawasan itu, layaknya tempat wisata kekinian yakni banyak spot menarik untuk berswafoto. Dari atas ketinggian kita bisa melihat lembah- lembah berbalut kabut pada pagi dan sore hari.Spot favorit para pelancong ialah gardu pandang berupa bunga matahari,kemudian papan bintang yang berbentuk hati dengan latar belakang area perbukitan yang menawan.Bagi pelancong yang tidak begitu suka berswafoto,menikmati lembah serta kawasan perbukitan sekitar kawasan menjadi pilihan yang memuaskan . Kawasan wisata yang sering dijadikan latar berswafoto, juga banyak diabadikan oleh para  fotografer  profesional.

            Unbtuk tiket masuk cukup terjanngkau, ditambah fasilitas pendukung wisata yang cukup memadai. Penjual makanan dan minuman serta tempat parkir , toilet sudah tersedia. Dibukanya destinasi wisata tersebut menambah daftar destinasi wisata menarik di kawasan Cianjur Selatan yang pada awalnya di dominasi keindahan pantai. Akhir pekan ini anda berencana mengunjungi Cianjur tidak ada salahnya mengunjungi kawasan itu untuk melepas kepenatan setelah melakukan rutinitas  di perkotaan. (E-001) ***