Usir Jamur di Kaca Mobil

1437

Panas terik dan hujan silih berganti pada musim yang tak bisa diprediksi. Cuaca seperti ini bisa mengganggu kondisi kendaraan, contohnya kaca mobil jadi berjamur karena air hujan yang mengering dan belum sempat dibersihkan.

Kaca merupakan komponen penting karena bisa memengaruhi visibilitas pengemudi. Kalau ada kotoran atau jamur yang menempel di kaca, keberadaannya akan sangat menganggu kenyamanan saat mengemudi.

Agar kaca mobil tak berjamur, Anda bisa melakukan cara yang paling mudah, yaitu langsung membersihkan kaca setelah terkena hujan. Titik hujan yang menempel pada kaca berpotensi memberikan jamur pada kaca.

Kain untuk membersihkan juga bisa beragam. Setelah menggunakan kain  kanebo, bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber.

Jangan lupa juga mengecek karet pada bilah wiper. Kebersihan karet pada bilah wiper akan berpengaruh terhadap kaca. Kalau bilah karet sudah tidak mampu membersihkan secara sempurna, lebih baik segera menggantinya.

Bagaimana Jika Jamur Tetap Membandel?

Kalau jamur tetap sulit dibersihkan, kaca mobil harus dibersihkan secara khusus. Kalau mau membersihkan sendiri ,  harus memperhatikan bahan yang digunakan.

Jangan sampai kaca depan  lecet karena penggunaan bahan yang salah dan dibersihkan terlalu keras.

Ada beberapa merek di pasar yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur di kaca. Di antaranya bisa menggunakan glass scrub untuk membersihkan jamur yang sudah tampak di kaca. Kemudian, kaca bisa diolesi  rain clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Tentu saja yang terpenting adalah kaca depan,walau kaca samping dan belakang tak luput dari serangan jamur. Rutinlah melapisi kaca dengan bahan anti-jamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu penglihatan pengemudi.

Kaca yang telah dilapisi dengan rain clear biasanya bertahan antara 3-4 bulan, tergantung kondisi dan cuaca.  (E-002)***