Ratusan Pencari Kerja Antri Mengajukan Kartu Kuning Disnaker

6

Pasca lebaran idulfitri dan kelulusan sekolah, ratusan pencari kerja, memadati kantor dinas tenaga kerja Kabupaten Cianjur, Selasa pagi. mereka rela antre, untuk pengurus permohonan proses pembuatan kartu pencarian kerja atau AK1, atau biasa disebut kartu kuning.

Terhitung pasca libur lebaran dan kelulusan sekolah, sedikitnya 500 orang pencari kerja memadati kantor Disnaker Kabupaten Cianjur, Selasa pagi. para pencari kerja ini, bertujuan untuk mengurus permohonan pembuatan kartu Ak-1 atau kartu kuning, sebagai salah satu pelengkap persyaratan surat lamaran pekerjaan.

Menurut kabid penempatan tenaga kerja Ricki Ardhi, dari data sementara, pemohon atau pencari kerja, sebagian besar lulusan SMA, SMK ,Sederajat.

Pembuatan kartu Ak-1,perharinya mencapai sekitar 1000 hingga 1500 orang, namun kuota pelayanan  Disnaker hanya bisa melayani dan mencetak 500 kartu kuning perharinya. meningkatnya pencari kerja di Kabupaten Cianjur, disebabkan banyaknya lowongan kerja.

Pencari kerja Irfan mengatakan, ia mengantri untuk membuat surat Ak-1, sejak pukul  empat dini hari. dirinya sengaja menyempatkan waktu lebih awal, untuk mendapatkan nomor antrian..

Irfan juga mengatakan proses pembuatan surat Ak 1 tidak sulit, dan hanya butuh waktu beberapa menit. Ia mengaku, akan menggunakan surat Ak -1, untuk melamar ke perusahaan yang ada di Kabupaten Cianjur.

HERI SETIAWAN , BANDUNG TV .