Warga Legalisir Akte Kelahiran Anak Untuk Masuk Sekolah

5

Ratusan warga, memenuhi halaman balai Kota Sukabumi, untuk mengurus legalisir akta kelahiran dan kartu keluarga, sebagai persyaratan untuk masuk sekolah. Membludaknya pemohon legalisir akta kehahiran dan kartu keluarga, akibat  orang tua yang baru mengetahui bahwa legalisir, sebagai syarat pendaftaran masuk sekolah.

Ratusan warga, rela antre di Balaikota Sukabumi, untuk melegalisir akta kelahiran dan kartu keluarga, sebagai salah satu persyaratan yang harus dilampirkan untuk pendaftaran masuk sekolah. para orang tua siswa ini, antri hingga berjam-jam, untuk bisa melegalisir dokumen yang akan digunakan untuk mendaftar ke sekolah negeri, yang dibuka tanggal 17 hingga 22 juni mendatang. kewajiban melampirkan akta kelahiran dan kartu keluarga yang sudah di legalisir ini, merupakan dampak dari pemberlakuan penerimaan peserta didik baru untuk zonasi pendaftaran sekolah, untuk mengantisipasi peserta didik baru yang mendaftar di luar zonasi.

Para orang tua mengaku tidak mengetahui, jika akta kelahiran dan kartu keluarga yang dilegalisir digunakan sebagai salah satu persyaratan yang harus di lampirkan untuk pendaftaran masuk sekolah.  Kebijakan legalisir ini mebuat para orang tua mengaku repot, karena harus mengurus dokumen-dokumen tersebut.

Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil, Kota Sukabumi, Iskandar mengatakan, sejak jumat lalu pihaknya sudah menerima warga yang akan melegalisir dokumen kependudukannya, untuk mendaftar ke sekolah. menurutnya, sudah ratusan warga yang melegalisir akta kelahiran dan kartu keluarga tersebut.

Selama dibuka pendaftaran calon peserta didik baru ini, disdukcapil  berkoordinasi dengan DISDIK Kota Sukabumi untuk menyetor data kependudukan yang telah dilegalisir untuk daftar ulang peserta didik baru.

Budi Setiawan, Bandung Tv.