KANWIL KEMENKUMHAM JABAR Beri Sanksi 2 Pengawal SETNOV

33

Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jabar, Memberi sanksi disiplin pada dua petugas, yang mengawal terpidana Setya Novanto. Tak hanya pemberian sanksi, tim dokter rumah sakit juga menginformasikan, penyakit apa saja yang diderita Setnov sehingga harus berobat keluar lapas.

Bertempat di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Tim dokter yang menangani penyakit Setya Novanto, membeberkan penyakit apa saja yang kini diderita oleh Setnov. diantaranya jantung koroner, penyakit tulang belakang kejepit, diabetes dan vertigo.

Selain memaparkan penyakit yang diderita Setnov, Kanwil kumham pun memberikan sanksi disiplin, pada dua petugas berinisial YAP dan SS, yang mengawal terpidana Setya Novanto tersebut.

Kedua petugas tersebut, diberi sanksi karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas. keduanya telah diperiksa dan diberi sanksi berupa penundaan kenaikan pangkat, dan penundaan kenaikan gaji. Atas kejadian lolosnya Setnov dari pengawalan, pihak Kanwilkumham Jabar mengakui kesalahannya, yang telah lalai dalam menjaga terpidana kasus korupsi KTP Elektronik tersebut.

Kedua petugas tersebut terbukti melanggar peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010, tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil, pasal 3 ayat 5 yakni tidak melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh pengabdian. Bahkan kini keduanya pun dipindahkan ke Kanwilkumham untuk dilakukan pembinaan.

Sementara itu, Setya Novanto yang kini berada di rutan gunung sindur bogor, masih menjalani proses assesment atau penilaian berjalan, untuk menentukan apakah Setnov akan menjalani sisa masa hukuman di rutan gunung sindur atau kembali dipindahkan, hal tersebut tergantung pada perilakunya selama menjalani proses assesment. Kepala Kanwilkumham Jabar menambahkan, jika dalam kurun waktu satu bulan ini, Setya Novanto tidak diperbolehkan menerima besukan siapapun, dan jika harus berobat keluar rutan, akan dikawal empat orang petugas.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.