Pabrik Pengolahan Teh Goalpara Terbakar

13

Sebuah pabrik pengolahan teh di Kampung Goalpara, Desa Cisarua, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Ludes di lalap si jago merah. Diduga api berasal dari hubungan  pendek arus listrik yang menyambar kayu bakar di ruang pengeringan teh. Empat mobil pemadam kebakaran di kerahkan menuju lokasi.

Video amatir yang merekam kebakaran yang terjadi di sebuah pabrik pengolahan teh di Kampung Goalpara,  Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Terlihat api dengan cepat membakar bangunan pabrik pengolahan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII  pada Pukul 04.00 Subuh tadi. Hingga kamis pagi, api masih belum bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.  Dengan di bantu warga setempat petugas terus berupaya memadamkan api yang terus merembet hingga membakar seluruh bagian pabrik.

Petugas menurunkan empat mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Dalam insiden ini, Sedikitnya 41 Ton teh yang sudah di olah ludes terbakar, serta sejumlah mesin pengolah juga ikut terbakar. Salah seorang warga mengaku melihat kepulan asap tebal serta api yang membung-bung tinggi, di belakang rumahnya saat di lihat api sudah membakar bangunan pabrik.

Kebakaran tersebut diduga bersumber dari hubungan arus pendek listrik yang menyambar kayu bakar yabg berada di ruang pengeringan teh, kemudian api langsung menyambar lantai pabrik yang terbuat dari kayu sehingga api cepat menyebar ke bangunan yang lain.

Kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah. Akibatnya aktivitas pabrik pengolahan teh terhenti untuk sementara waktu.

 Budi Setiawan, Bandung Tv.