497 Pengaduan PPDB Diterima DISDIK, Salah Satunya Alamat Bodong

26

Hingga kamis malam, Dinas Pendidikan Jabar menerima 497 pengaduan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. Salah satu pengaduan yang langsung diinvestigasi dan ditindaklanjuti oleh Tim Disdukcapil, DISDIK, dan SATPOL PP, yaitu alamat bodong yang didaftarkan orangtua siswa.

Hingga kamis malam, Dinas Pendidikan Jabar menerima 497 pengaduan, dan 455 diantaranya sudah diselesaikan. Menurut sekretaris daerah Jabar, untuk mengatasi kasus yang diadukan tersebut, Pemprov Jabar membentuk tim yang melakukan investigasi hingga memberikan efek jera. Tim tersebut terdiri dari DISDUKCAPIL, DISDIK, dan SATPOL PP. Pihak Tim Investigasi pun mengarahkan orangtua yang bersangkutan agar segera mengoreksi berkas pendaftarannya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dewi Sartika, beberapa kasus alamat bodong yang ditemukan diantaranya di Jalan Kalimantan, Jalan Bali, Dan Jalan Sumatera. Di jalan bali, ada orang yang kartu keluarganya benar. Namun setelah diselidiki ke ketua rw, orang bersangkutan tidak tinggal di lokasi tersebut. Hal tersebut serupa dengan kasus di jalan sumatera. Mengatasinya, pihak dinas pendidikan memanggil orangtua yang bersangkutan.

Sementara itu, terkait revisi dari menteri pendidikan agar jalur prestasi yang tadinya 5 persen boleh berkisar antara lima hingga lima belas persen, Kepala Dinas pendidikan jabar mengatakan, berdasarkan pergub PPDB, jabar sudah memiliki kuota lebih dari lima persen. Yaitu dari 70 persen jalur zonasi, 15 diantaranya untuk siswa berprestasi.

Budi Hartati, Bandung Tv.