Damri  Gratiskan Perjalanan Bandung ke BIJB  Kertajati

152

BISNIS BANDUNG- Penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara,  khususnya pesawat bermesin jet, secara resmi akan berakhir per 30 Juni 2019.  Mulai 1 Juli 2019, penerbangan dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Untuk mendukung keberlangsungan BIJB Kertajati yang telah masuk menjadi program strategis nasional (PSN) sejak 2015, Perum Damri Bandung akan menggratiskan biaya perjalanan dari Bandung ke BIJB Kertajati, Majalengka.

Pemberlakuan tarif gratis itu berlangsung selama masa transisi pemindahan, sebagian rute dari penerbangann dari BHS Bandung ke Bandara Kertajari, Majalengka.

Sebanyak lima bus Damri siap melayani calon penumpang pesawat dari pul Damri Bandung di Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung ke Kertajati, Majalengka dengan jarak 175 km.

Kepala Perum Damri Cabang Bandung Mursalin Tutu mengatakan, penggratisan ongkos dari Bandung ke Kertajati, merupakan bentuk bantuan operasional dari PT BIJB kepada Damri. Bandung mendapat bantuan karena dipastikan memiliki potensi calon penumpang terbanyak.

“Kami mendapat bantuan operasional dari BIJB untuk bus dari Bandung. Dalam setahun ini kami tidak akan mengejar profit di Bandung untuk yang ke Kertajati. Sesuai dengan arahan dari Kemenhub, kami sebagai BUMN harus mendukung dan hadir di tengah masyarakat,” kata Mursalin di acara Jabar Punya Informasi (Japri) Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung,  (21/6/  2019).

Meski demikian, Mursalin menuturkan, penggratisan ongkos bus Damri tersebut merupakan opsi. Jika penumpang yang akan diangkut dari Bandung ternyata membludak, Damri akan menjalankan opsi kedua.

Damri akan memberangkatkan bus dalam interval sejam sekali. Dengan demikian, penumpang harus membayar ongkos separuhnya atau Rp 37.500 dari ongkos semula Rp 75.000.

“Tidak elok kalau sebagian gratis, sebagian lagi bayar penuh. Jadi, opsi kedua kami akan berlakukan separuh ongkos saja,” katanya.

Jika sesuai dengan skenario awal, penumpang lima bus tersebut akan berangkat tanpa dipungut ongkos selama sebulan dengan pemberangkatan dua jam sekali setiap harinya atau sembilan kali pemberangkatan dari Bandung mulai pukul 2.00 dini hari.

Selain dari Bandung, Damri memberangkatkan bus dari Cikarang, Kuningan, dan Cirebon. Bus Damri dari ketiga daerah tersebut diberangkatkan dari titik awal masing-masing terminal bus daerah tersebut.

Tarifnya yang diterapkan berbeda-beda. Dari Cirebon dengan jarak 65 km diberlakukan tarif Rp 40.000, dari Kuningan Rp 50.000, sedangkan dari Cikarang dengan jarak 150 km dipatok tarif Rp 60.000.

Minta dukungan

Ketua DPRD Jawa Barat, Hj.Ineu Purwadewi Sundari  menyambut baik keputusan 56 penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mulai 1 Juli 2019.

Ia meminta  Komisi IV untuk memantau langsung ke lapangan terkait pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Ini dilakukan supaya kami bisa melihat ketika sudah berjalan seperti apa, kendala yang dihadapi apa saja dan lain-lain.

Terkait adanya masyarakat yang kontra dengan kebijakan pemindahan penerbangan tersebut, Ineu menilai hal tersebut wajar namun ia mengajak kepada masyarakat untuk mendukung langkah pemerintah karena keputusan tersebut kedepannya berdampak positif bagi perekenomian Jawa Barat.
Salah satu sarana penunjang ke Bandara Kertajati, ialah Jalan Tol Cisumdawu yang fase ketiga jalan tol tersebut ditargetkan akan beroperasi akhir tahun ini. Termasuk pemerintah harus mulai memikirkan akses kereta menuju Bandara Kertajati agar akses menuju ke sana semakin mudah dijangkau melalui berbagai moda transportasi.

Perpindahan operasional penerbangan domestik itu sudah disepakati semua pihak, termasuk maskapai penerbangan.
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, 56 penerbangan domestik yang pindah ke BIJB Kertajati merupakan pesawat berjenis jet. Sedangkan, penerbangan pesawat berjenis propeller atau pesawat baling-baling dan penerbangan internasional tetap di Bandara Husein Sastranegara.(B-002)***