WAGUB JABAR Kaget, Ada SMA Yang Tarif Biaya PPDB Mencapai 50 Juta Rupiah

40

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum mengkritisi biaya pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 tingkat SMA Swasta yang mencapai Rp 50 Juta. Jumlah tersebut, dianggap akan memberatkan calon siswa yang kurang mampu. Oleh karena itu, ia akan melakukan evaluasi terhadap SMA, yang diketahui memungut biaya pendaftaran yang tidak relevan tersebut.

Disela-sela meninjau SMAN 1 Cimahi, Jumat pagi. Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum mengkritisi biaya pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019, tingkat SMA Swasta yang mencapai Rp 50 Juta.

Menurutnya, ada beberapa pihak lembaga atau yayasan swasta yang memungut pendaftarannya, besar. Padahal siswa Sma sudah dibantu oleh pemerintah, swasta maupun negeri. Dirinya berharap, agar biaya pendaftaran ke sma khususnya swasta tidak terlalu mahal. Terlebih, pemerintah daerah membantu biaya siswa Rp 5 Juta pertahun. Sebab jika itu terjadi, maka siswa kurang mampu dan ingin masuk swasta akan kesulitan karena mahal.

Uu khawatir, pengelola pendidikan di tingkat SMA Swasta menjalankan pendidikan dengan unsur bisnis yang dominan. Namun, jika realistis dan dapat dipertanggungjawabkan kebijakan tersebut sah-sah saja.

Uu mengatakan, keberadaan sistem zonasi dalam PPDB dilakukan untuk memenuhi unsur keadilan. Sejauh ini, menurutnya pelaksanaan di Jawa Barat berjalan dengan lancar dan baik. Kalau ada yang masih dianggap kurang, akan dievaluasi.

Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv.