Pendapat Akhir Fraksi DPRD Atas 3 Raperda Dan Penetapan Usulan Pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan

20

Dprd Kabupaten Cianjur di ruang rapat Paripurna DPRD yang dihadiri PLT Bupati Cianjur Herman Suherman, Kamis malam  , menggelar rapat Paripurna , dengan agenda pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD atas 3 buah raperda, usul eksekutif, dan penetapan berita acara tentang persetujuan bersama Bupati dan Dprd, mengenai pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2018, serta persetujuan usulan pembentukan Kabupaten Baru Cianjur Selatan.

Dengan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi. Sidang paripurna dengan agenda pendapat akhir dari seluruh fraksi DPRD Kabupaten Cianjur, menyetujui dan menerima atas 3 buah rancangan peraturan daerah usul eksekutif, yakni  perubahan atas peraturan daerah nomor 9 tahun 2016 tentang RPJMD Tahun 2016-2021. Selanjutnya, mengenai penyertaan modal ke Pt. Bank pembangunan daerah Jabar dan Banten, serta perubahan atas peraturan daerah nomor 5 tahun 2015 tentang pemilihan Kepala Desa. Dengan demikian meski menyetujui dan menerima , dari fraksi-fraksi  menyatakan adanya  catatan-catatan untuk pemerintah daerah, harus lebih serius dalam melaksanakan roda pemerintahan demi terwujudnya cianjur yang lebih maju dan agamis.

Dari pendapat akhir masing-masing fraksi, yaitu dari fraksi demokrat, PDI perjuangan, PKB, GOLKAR , GERINDRA, PKS dan HANURA, dalam pidato laporannya menyetujui dan menerima atas 3 buah raperda usul eksekutif, yang sebelumnya sudah melalui proses pembahasan dan kajian bersama pansus dan badan anggaran DPRD Kabupaten Cianjur.

Selain itu , seluruh fraksi juga menyetujui adanya usulan mengenai pembentukan kabupaten cianjur selatan , dan usulan tersebut menjadi prioritas utama dalam sidang paripurna kali ini.

Setelah ditetapkannya usulan pemekaran Kabupaten Cianjur Selatan, disambut baik oleh masyarakat paguyuban Cianjur Selatan. Keinginan ini sudah sejak lama dinanti, karena melihat beberapa faktor diantaranya dari aspek pelayanan dan jarak tempuh, menuju pusat kota yang cukup jauh serta ketertinggalan dari sektor pembangunan, yang masih belum merata.

Warga cianjur selatan optimis dengan adanya pamekaran cianjur selatan , dapat menggenjot percepatan pembangunan dari berbagai aspek.

Menurut Wakil Ketua DPRD Deden Nasihin, pPenetapan usulan Pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan ini menjadi prioritas utama dalam sidang paripurna kali ini, yaitu dengan penetapan persetujuan bersama DPRD dan PLT Bupati Cianjur,  mengenai pembentukan kabupaten cianjur selatan, yang sudah sejak lama diinginkan oleh masyarkat cianjur selatan.

DPRD Kabupaten Cianjur berharap, agar moratorium tentang pembentukan otonomi daerah baru segera dibuka oleh pemerintah pusat .

Heri Setiawan , Bandung Tv .,