Raperda Pendidikan Keagamaan Tak Hanya Mengacu Satu Agama

8

BISNIS BANDUNG- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pendidikan Keagamaan  yang kini tengah dibahas di DPRD  Jawa Barat melibatkan semua agama yang ada di Indonesia, tidak hanya mengacu pada satu agama.

Oleh sebab itu, DPRD terus melakukan pertemuan dengan stakeholder terkait guna membahas pembentukan Raperda Pendidikan Keagamaan.  Selain itu, akan melibatkan unsur organisasi lintas agama di Jawa Barat.

“Semua unsur keagamaan dilibatkan dalam raperda ini, kita libatkan semua semampu kita agar tidak ada yang termarjinalkan,” kata Anwar Yasin  selaku Ketua Pansus II Raperda Pendidikan Keagamaan, Selasa di  Bandung.

Ia menambahkan melibatkan sejumlah pihak dalam pembahasan raperda ini dilakukan karena Raperda Pendidikan Keagamaan ini merupakan payung hukum bagi semua agama di Jawa Barat.

“Raperda ini adalah payung hukum bagi semua agama, ini adalah wujud perhatian dari Pemprov Jabar,” ujarnya.

Ia berharap dengan hadirnya Raperda Pendidikan Kegamaan selain menjadi payung hukum bagi seluruh pendidikan keagamaan di Jawa Barat juga bentuk perhatian serius Pemprov Jabar terhadap infrastruktur pendidikan keagamaan salah satunya pesantren sehingga keberadaannya dapat terperhatikan dengan baik.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan dari pemerintah pusat saja, karena Jawa Barat ini penduduknya terbesar di Indonesia sehingga perhatiannya pun harus lebih baik,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, DPRD Provinsi Jawa Barat membentuk tiga panitia khusus atau pansus untuk membahas tiga raperda yakni Raperda Pendidikan Keagamaan, Raperda Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (RP3KP) Tahun 2019-2039 dan Raperda Penyelenggaraan Kesehatan.
Adapun hasil pembentukan pansus adalah Pansus ll akan melakukan pembahasan Raperda Pendidikan Agama, Pansus III akan melakukan pembahasan Raperda Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KB), dan Pansus IV akan melakukan pembahasan tentang Penyelenggaraan Kesehatan.

Susunan kepanitiaan Pansus II, III, dan IV DPRD Provonsi Jawa Barat: Pansus II Raperda Pendidikan Agama,  koordinatornya ialah Wakil Ketua DPRD Jabar Ade Barkah Surahman. Ketua Pansus II ialah Anwar Yasin (Fraksi PKS), Wakil Ketua I Chumaedi (Fraksi PPP), Wakil Ketua II Eryani Sulam (Fraksi Nasdem Hanura)

Pansus III Raperda Rencana Pembangunan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RPSKB)  koordinatornya ialah Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara. Ketua Pansus Ill Asep Wahyu Wijaya (Fraksi Demokrat), Wakil Ketua I Saepudin Zuhri (Fraksi PKB),  Wakil Ketua II Gatot Tjahyono (Fraksi PDI Perjuangan)

Pansus IV Penyelenggaraan Kesehatan  koordinatornya ialah Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Harris Bobihoe, Ketua Pansus IV Daddy Rohanaddy (Fraksi Gerindra), Wakil Ketua I  Yod Mintaraga (Fraksi Golkar Amanah) dan Wakil Ketua II  Ikhwan Fauzi (Fraksi PDI Perjuangan).(B-002)***