Sakura di Kebun Raya Cibodas Dalam Setahun Bisa Berbunga Dua Kali

686

Pada awalnya Taman Cibodas ini memiliki nama Bergtuin te Tjibodas, merupakan sebuah tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan yang berasal dari luar negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Salah satu tumbuhan yang dianggap penting dan memiliki nilai ekonomi  tinggi di antaranya pohon kina. Keberadaan Taman Cibodas ini juga digunakan sebagai tempat atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konversi Tumbuhan  di bawah naungan Pusat Konversi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Tempat ini dikenal pula sebagai Kebun Raya Cibodas,disini terdapat tumbuhan yang jarang bisa bertahan  hidup di Indonesia , antara lain bunga sakura. Kebun Raya Cibodas memiliki Taman Sakura seluas 6.647 meter persegi. Taman ini dibangun pada Maret-Desember 2007 untuk memperkaya taman tematik Kebun Raya Cibodas.

Terdapat tujuh jenis sakura di kebun ini , yakni jenis Prunus Cerasoides, Prunus Yedoensis, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana, Prunus sp, Prunus Arborea dan Prunus Costata. Sedangkan di Taman Sakura terdapat lima jenis,  Prunus Cerasoides, Prunus Yedoensis, Prunus Yamasakura, Prunus Lannesiana dan Prunus sp. Mengenai waktu mekar usia bunga sakura  , mulai dari tumbuh kuncup hingga bunganya gugur waktunya sekitar tujuh hari. Saat sudah mekar, bunga sakura hanya bertahan sekitar 4 hari.Bunga sakura di Kebun Raya Cibodas bisa berbunga dua kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Berbeda dengan di negara asalnya, Jepang yang hanya berbunga satu tahun sekali pada Maret-April. Di Jepang, peristiwa mekarnya bunga sakura merupakan peristiwa yang dinantikan. Masyarakat merayakan musim sakura ini dengan melakukan tradisi Hanami, artinya “melihat bunga”. Mereka biasanya piknik dengan membawa bekal makanan sambil menikmati bunga sakura yang mekar bersama anggota keluarga .

Meskipun tidak  bisa mekar sempurna seperti di negara asalnya, bunga sakura yang tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas ini tetap layak kita lihat langsung, hitung-hitung sebagai pemanasan sebelum  benar-benar terbang ke Jepang. Dari 308 jenis sakura di dunia, hanya 7 spesies yang bisa tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas, spesies tertua bernama Prunus Cerasoides yang ditanam  pada 13 Mei 1971.Tahun ini bunga sakura di taman sakura Kebun Raya Cibodas diperkirakan akan mekar pada bulan Juli – Agustus 2019.Bagi anda yang penasaran akan keberadaan bunga tersebut bisa meluangkan waktunya pada bulan bulan tersebut.

Sebagai tempat wisata unggulan dikawasan Puncak, berbagai fasilitas tersedia di kawasan ini, mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan pribadi maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka dan camping ground seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda. Kebun Raya Cibodas (KRC) menjadi lokasi tempat menyimpan koleksi eks situ (di luar habitat)  tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. (E-001) ***