Menikmati Indahnya Alam Khas Pangalengan

11

Kegiatan petualangan de­ngan menggunakan sepeda motor tak pernah surut dan kerap menghiasi agenda otomotif di setiap akhir pekannya. Event Trail adventure dengan segala menu pelengkap aktivitasnya, dikemas secara apik dan menarik oleh komunitas Pa­ngalengan Adventure Trail. Perhelatan One day trip Adventure yang digagas setiap tahun ini bernama PARAT 5. Perhelatan Parat Jilid kelima ”Trap Paradise Adventure” ini berlangsung di Yon Zipur 3 Pangale­ngan, Sabtu (22/6).

Sejak pagi hari para peserta terus berdatangan untuk mendaftarkan diri. Teman sesama kolega dan penghobi lintas komunitas trail, diundang untuk turut berpetualang bersama menjelajahi pegunungan indah yang ada di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sebelum dilepas para offroader dan masyarakat yang hadir disuguhkan dengan atraksi freestyle yang cukup memukau.Agar tidak terjadi penumpukan atau kemacetan di dalam trek, para peserta dilepas menjadi beberapa rombongan. Untungnya selama dua hari sebelum even berlangsung, hujan tak kunjung datang, dan membuat even kedua ini berjalan mulus.

Tak heran, jumlah peserta pun membengkak, menyentuh angka 2021 offroader yang datang dari berbagai kota. Inilah bukti ikatan persaudaraan yang erat yang ditunjukkan oleh komunitas PARAT terhadap komunitas trail lainnya. Para Offroader saling membalas kunjungan dan kerap membanjiri kegiatan PARAT di setiap tahunnya.

Sejak garis start para peserta sudah disuguhi pemandangan eksotis khas Pangalengan. Trek sepanjang 50 kilometer disajikan begitu variatif. Kondisi trek bebatuan, tanjakan dan turunan curam, menjadi ujian bagi para offroader ketika hendak melewatinya. Musim kemarau yang cukup lama, membuat permukaan trek kering dan berdebu. Kepuasan para offroader ketika mengikuti even ini, sepertinya begitu lengkap. Selain disuguhi karakter trek bervariasi, yang penuh dengan tantangan serta nyali yang kuat untuk melewatinya, para dirty bike bisa menikmati pemandangan kawasan Pangalengan, yang menyejukkan mata.

Asep selaku salah satu punggawa PARAT melihat tingginya minat peserta mengikuti event adventure offroad di Pangalengan tidak lepas dari kondisi alam yang memang sangat menantang para offroader khusunya para pecinta motor trail.

“Banyak yang penasaran dengan jalur offroad di Pangalengan, Berbagai karakter trek siap mengakomodasi seluruh offroader yang suka dengan lintasan yang light (ringan) sampai dengan yang ekstrem,” jelasnya.

Kemasan acara memang dibikin puas bagi para pesertanya, alias tidak dibuat dengan asal-asalan. Sehingga kesan yang menyenangkan bisa didapat oleh seluruh offroader.
Akhirnya setelah menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan, para peserta kembali tiba digaris finish lapangan Yon Zipur 3 Pangale­ngan. Di sini mereka dihibur oleh hiburan musik dengan lantunan lagu lagu nostalgia. Mereka berjoged bersama menikmati seluruh lantunan musik yang disajikan oleh oleh Kei Project.

Ketua Pangalengan trail Adventure (PARAT) Ajang Sofy menyampaikan, banyak potensi ekowisata di kawasan Pangalengan, kawasannya kebanyakan berupa hutan pinus dan perkebunan teh. Para peserta mendapat suguhan panorama alam yang cantik dan medan yang menantang.

Perhelatan ini bukan saja diselenggarakan dengan nuansa pegunungan dengan panorama sekeliling yang cukup indah dan asri. Tetapi juga menggunakan format penyelenggaraan yang berbeda, dan sangat kental dengan nilai silaturahmi.

Saat-saat yang menegangkan bagi para offroader, doorprize dengan hadiah utama 1 unit mobil, dan 2 unit sepeda motor, dan hadiah menarik lainnya, disajikan sebagai acara penutup kegiatan yang diselaraskan dengan hari jadinya Kodam III SIliwangi yang ke-73 dan diselenggarakan di lapangan Yon Zipur 3 Pa­ngalengan.
DanYonzipur 3 Pangalengan Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan, trail adventure ini dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kodam III/Siliwangi , dan digagas oleh komunitas PARAT dan Yon Zipur 3 Pangalengan.

”Alhamdulillah pesertanya banyak, kegiatan ini pun menjadi ajang silaturahmi bagi para offroader. Kegiatan adventure ini juga untuk mempersatukan dan menjalin keakraban antara offroader dan TNI, sehingga si­nergitas tetap terjalin dengan erat,”ujar, Letkol Czi Dadan Ramdani, Dan Yon ZIpur 3 Pangalengan.
(E-002)***