Kukang jawa turun ke pemukiman warga

5

Warga Cimenyan, Kabupaten Bandung, serahkan seekor kukang Jawa, yang ditemukan di sekitar kediamannya beberapa waktu lalu, kepada pihak BKSDA Jawa Barat. Kukang Jawa tersebut, diduga turun dari hutan buatan milik warga, mengingat kukang merupakan tipikal primata yang hidup di hutan perbatasan dan berdekatan dengan pemukiman warga.

Seekor Kukang Jawa, diserahkan warga kampung  Sekebalimbing, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, atau BKSD Jawa Barat. Kukang Jawa tersebut, ditemukan pertama kali oleh kerabatnya, beberapa hari lalu di sekitar kediamannya.

Diduga Kukang Jawa yang diperkirakan belum genap berumur satu tahun ini, turun dari habitatnya, yakni hutan, mengingat di sekitar kediaman Eka, terdapat tiga hektar hutan buatan yang sudah berumur tujuh tahun. Kukang, merupakan tipikal primata yang hidup di hutan perbatasan dan berdekatan dengan pemukiman warga. Sebelum diserahkan, kukang tersebut sempat dikandangkan selama empat hari, dan sempat terpikir untuk

Disinyalir masih terdapat beberapa ekor Kukang Jawa di kawasan hutan buatan ini. Setelah diserahkan dan dibawa oleh pihak BKSDA Jawa Barat,  Kukang Jawa ini nantinya akan dilepas liarkan di kawasan Gunung Kareumbi, Cicalengka. Lokasi tersebut,merupakan salah satu tempat pelestarian Kukang.

REZYTIA PRASAJA, BANDUNG TV.,