CEO Candy Crush Mundur dari Jabatannya

25

CANDY Crush sudah melegenda di smartphone dunia. Cara bermainnya yang mudah membuatnya digemari oleh anak kecil maupun orang tua. Sosok dibalik kejayaan Candy Crush adalah Riccardo Zacconi. Pebisnis 52 tahun asal Italia itu mendirikan perusahaan King Digital Entertainment yang mengembangkan Candy Crush Saga.

Setelah 16 tahun memimpin, Zacconi akhirnya memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai CEO. Pengundurannya akan efektif per 1 Juli 2019 mendatang, demikian laporan Cnet.

Kabar ini terkuak pada laporan keterbukaan Activision Blizzard yang merupakan induk dari King Digital Entertainment. Meski mundur dari jabatan eksekutif, Zacconi akan tetap menjadi chairman King.

Candy Crush merupakan salah satu aplikasi smartphone yang paling laris di dunia. Tahun lalu, Gamespot melaporkan serial gim ini meraup lebih dari USD 1,5 miliar.

Hampir 63 persen dari pendapatan tersebut berasal dari Candy Crush Saga. Gim yang rilis tahun 2012 masih sanggup meraup USD 945 juta.

Judul populer lainnya adalah Candy Crush Soda Saga yang meraup USD 443 juta, dan Candy Crush Jelly Saga yang menghasilkan uang USD 90 juta pada tahun lalu.

King Digital Enterntainment diakuisisi oleh Activision Blizzard pada tahun 2016 lalu. Nilai akuisisinya mencapai USD 5,9 miliar. (C-003)***