Duta Bahasa Jawa Barat 2019 Diraih Gina Maheswari Syailendra dan Rizki Dwika Alfani

7

Rangkaian pemilihan duta bahasa Jawa Barat 2019 yang dilakukan melalui beberapa tahap seleksi. Ada 3 seleksi yang dilakukan oleh Balai Bahasa Jawa Barat untuk menjaring duta bahasa Jawa Barat . Sebanyak 411 peserta mengikuti tahapan seleksi, dari jumlah  tersebut  dipilih 150 peserta terbaik yang berhak mengikuti seleksi tahap kedua.Pada tanggal 18 juni 2019 , 150 peserta ini mengikuti uji kemahiran berbahasa Indonesia,uji kemahiran berbahasa asing serta penulisan esai bahasa Indonesia,daerah serta asing.Setelah seleksi ini sebanyak empat puluh finalis berhak mengikuti seleksi tahap ketiga sekaligus babak final pemilihan duta bahasa Jawa Barat 2019.

Seleksi tahap ketiga dilakukan selama dua hari pada tanggal 24-25 Juni 2019,dimulai dari pembekalan yang diberikan oleh Prof Emi Emilia,M.Ed,Ph.D selaku Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan.Drs Umar Solokhan M.Hum selaku Kepala Balai Bahasa Jawa Barat,Asep Rahmat M.Hum mengenai pengetahuan kebahasaan, Sitora Nuraleva serta Asri Rahma S.sos tentang wicara publik.Pembekalan dilakukan bagi finalis sebagai upaya meningkatkan pengetahuan mereka sebagai calon duta bahasa.Tahapan seleksi ketiga masih dilakukan setelah pembekalan,para finalis kemudian membuat rancangan kegiatan serta malam bakat.

Babak final dilakukan pada tanggal 27 Juni 2019 bertempat di Hotel el Royale,pada final tersebut sebanyak 40 finalis harus mengikuti teknis penjurian yang telah ditetapkan oleh Balai Bahasa Jawa Barat.  Juri pada babak final , yakni Deri eka firmansyah juri bahasa daerah, Francois Keyer juri bahasa asing , juri bahasa Indonesia Umas Slokhan M.Hum.Pada babak final kesatu ini para finalis harus mempresentasikan materi dan menjawab pertanyaan juri. Memasuki babak final kedua  , finalis tersisa 16 orang,pada babak final kedua ini masing masing finalis akan memilih pertanyaan kemudian menjawabnya,selanjutnya juri akan mengajukan pertanyaan kembali.

Disela sela babak final  ,para finalis maupun penonton yang dihibur oleh Hastinapura..Setelah melalui proses seleksi yang panjang , akhirnya terpilih juara duta bahasa media sosial, yakni Claudia Angel dan Rohman Hikmat, juara harapan dua diraih Niken Khairunisa Salsabila dan Moh Dandi Sulaiman, untuk juara harapan satu diraih Nidhyanti Adilia dan Dipa Suharto. Sedangkan juara ketiga diraih Intan Salindri Galiesta dan Bernhart Faras,juara dua diraih Eryanti Nurmala Dewi dan Refki Rizki Alfiani. Untuk juara kesatu , pihak panitia melakukan prosesi pengiringan dan pemberian samir kepada Gina Maheswari Syailendra dan Rizki Dwika Alfani. (E-001) ***