Festival Asia Afrika 2019 Mendengungkan Semangat Solidaritas Untuk Palestina Merdeka

6

Bertempat di kawasa Jalan Asia Afrika Kota Bandung,sabtu 29 juni 2019 digelar karnaval Asia Afrika 2019,kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika ke 64 di Kota Bandung. Kegiaan karnaval diawali dengan defile pasukan kavaleri berkuda TNI AD,diikuti peserta karnaval lainnya.Pada perhelatan karnaval kali ini diikuti oleh tidak kurang  2867 peserta,berasal dari 15 daerah di Indonesia serta 19 negara Asia Afrika. Di Kota Bandung   enam puluh empat tahun  lalu diselenggarakan Konferensi Asia Afrika yang dihadiri sekitar 29 negara Asia dan Afrika.

Memulai acara, Walikota Bandung Oded M Danial bersama para delegasi dari negara sahabat , antara lain dari Jepang, Irak, Palestina, Sudan, Libia, Laos, Zimbabwe, Maroko, Kuait, Mesir, Afrika Selatan, Tunisia mengikuti solidarity walk.Solidarity walk itu menjadi bentuk dukungan negara Asia Afrika untuk kemerdekaan negara Palestina. Saat berada di lokasi Palestine Walk, para delegasi dan Walikota Bandung, Oded M. Danial, melepaskan burung merpati sebagai simbol kebebasan Palestina.Para tamu undangan kemudian mendapat suguhan budaya yang dibalut dalam kegiatan karnaval. Berbagai seni budaya tradisional khas Jawa Barat dan Indonesia mulai dari tarian, musik dan tradisi lainnya.Di sepanjang Jalan Asia-Afrika, tepatnya di depan Hotel Preanger hingga pertigaan Jalan Cikapundung, warga terlihat sangat antusias menikmati acara ini. Karnaval menempuh jarak sekitar 1,2 km dari Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Barat, Jalan Naripan, Jalan Tamblong,  kembali lagi ke Jalan Asia Afrika.

Berbagai penampilan menarik yang dihadirkan , seperti parade pasukan kavaleri berkuda, drum band, arak-arakan Mikoshi (budaya Jepang), Bebegig Sukamantri (Kabupaten Ciamis), Helaran Angklung Buncis (Kota Cimahi), Seni Badawang (Kabupaten Bandung Barat) dan Barongan (Kota Blitar). Pengadaan AAF boleh dibilang merupakan salah satu upaya untuk tetap menggelorakan kembali semangat Konferensi Asia Afrika yang dihadiri oleh 29 negara  Asia dan Afrika. Sebagai tempat diselenggarakannya KAA, Bandung merupakan salah satu kota di dunia yang menyimpan sejarah dunia penting. Melalui peristiwa bersejarah tersebut, puluhan negara di Asia Afrika mendapatkan semangat dan inspirasi  untuk memperoleh hak kemerdekaan.Karnaval Asia Afrika juga diisi berbagai citarasa kuliner, pameran interaktif, workshop education dan talkshow, konser intim dan artis. (E-001) ***