Menikmati Keindahan Pantai Ciantir Di Banten Selatan

31

Banten terkenal sebagai daerah dengan berbagai obyek pariwisata yang memukau , di antaranya air terjun, gunung, danau, juga pantai . Salah satu pantai yang saat ini tengah digemari kalangan traveller adalah adalah pantai Ciantir yang merupakan salah satu sub-site kawasan wisata Sawarna. Memiliki ciri khas pasir putih yang membentang sepanjang tiga kilometer mulai dari Goa Langir sampai Tanjung Layar. Pesona Pantai Ciantir mampu menarik kunjungan wisatawan lokal,  maupun mancanegara.Pantai dengan hamparan horizon yang luas dan bentuk goegrafis pantai yang cenderung datar ini terletak tak jauh dari pusat Kota Banten. Lebih tepatnya, posisi Pantai Ciantir ini ada di kampung Gendol, Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Banten.Pantai yang mempunyai hamparan pasir putih bersih di satu sisi dan batu karang menjulang  menjadi buah bibir oleh banyak wisatawan karena keindahan alamnya yang menawan. Percaya atau tidak, keindahan ini dapat di sejajarkan  dengan pantai-pantai indah di luar Banten.

Pantai Ciantir Sawarna memiliki bibir pantai yang tidak terlalu menjorok  ke laut, ombaknya bersahabat. Kita bisa bermain air di pinggiran pantai yang luas ini. Kegiatan ini tentunya sangat menarik  bagi anak-anak. Meskipun ombak pantai Ciantir tenang, namun tetap harus mengawasi anak anak dan berhati-hati agar tidak terlalu jauh dari pantai.Pantai ini juga lebih dikenal sebagai Pantai Pasir Putih, karena pantai ini memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir putih terpanjang di Sawarna. Pantai ini banyak digunakan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, berjemur, dan berbagai olahraga pantai. Untuk masuk Pantai Ciantir, wisatawan membayar retribusi Rp 5.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya, seperti Pantai Tanjung Layar dan Pantai Gua Langir.

Pantai Ciantir menjadi salah satu tempat yang pas untuk menikmati pemandangan indah matahari tenggelam. Di pinggiran pantai terdapat banyak kursi dan saung-saung yang bisa dijadikan tempat menikmati indahnya sunset bersama pasangan atau keluarga.Pemandangan sunset di Pantai Ciantir cukup indah, wisatawan bisa melakukan swafoto, karena hasil fotonya akan bagus dan instagramable.Selain itu pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat surfing atau berselancar, karena memiliki ombak yang cukup besar . Tidak hanya warga setempat yang sering melakukan olahraga ini, pada bulan tertentu ketika ombak sedang tinggi-tingginya, banyak turis asing yang surfing di pantai ini.

Hal lainnya yang menjadi favorit pelancong di tempat ini ialah menikmati berbagai sajian makanan laut seperi ikan bakar, cumi bakar, kepiting dan berbagai masakan ikan laut .Wisatawan juga bisa memesan nasi liwet  dengan ikan bakar, lalap, dan sambal khas , dan menikmatinya di saung yang menghadap langsung ke pantai. (E-001) ***