STIE Ekuitas Gelar Klinik Bisnis Untuk Bantu UMKM

5

Puluhan pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengikuti Klinik Bisnis yang diselenggarakan Stie Ekuitas Bandung, Pagi tadi. Klinik bisnis tersebut sengaja diselenggarakan sebagai kegiatan Tahunan Stie Ekuitas untuk membantu UMKM mengelola bisnisnya.

Saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM menyumbang setidaknya 60% ke Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Namun masih banyak pengusaha UMKM yang sulit berkembang karena tidak tahu bagaimana menghadapi permasalahan yang mereka hadapi. Menyikapi hal tersebut Stie Ekuitas menyelenggarakan Klinik Bisnis Kamis ini. Menurut ketua pelaksana Klinik Bisnis Stie Ekuitas Ade Imam Muslim Klinik Bisnis ini merupakan kegiatan tahunan untuk membantu UMKM mengelola Bisnis Mereka. Disediakan konsultan dalam Bidang Perijinan, HKI, BBPOM, Kemasan, dan lainnya sebagai Bukti Stie Ekuitas Concern dalam hal kewiraiusahaan.

Senada dengan Ade Imam menurut Ketua P3M Dito Rinaldo, dengan kegiatan yang sudah berjalan selama 4 Tahun ini diharapkan ada perbaikan di pengelolaan binsis para pelaku UMKM karena masalah yang mereka hadapi biasanya tata kelola bisnis.

Wakil Ketua Dua Stie Ekuitas, Hery Achmad Buchory pun menyambut baik Klinik Bisnis ini.  Menurut Hery awalnya kegiatan ini untuk Calon Wirausaha yang berasal dari Mahasiswa Ekuitas. Tapi dalam perkembangannya mahasiswa lain dan masyarakat umum pun tertarik. Hery berharap Klinik Bisnis ini dapat membantu wirusaha terutama generasi muda dalam memperlancar usaha yang dilakukan.

Peserta Klinik Bisnis ini tersebar dari berbagai daerah di Kabupaten dan Kota Bandung. Berdasarkan evaluasi yang diadakan secara langsung ada beberapa UMKM yang terbantu walaupun Klinik Bisnis ini hanya dilaksakan dalam sehari.

Budi Hartati, Bandung Tv.