16th Forwot Indonesia Dituntut Kreatif dan Menjaga Profesionalitas di Tengah Era Digitalisasi

12

16 Tahun sudah Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Indonesia berdiri dan terus berkegiatan. Untuk merayakan hari jadinya, Forwot menggelar rangkaian kegiatan  untuk menyokong kreativitas para jurnalis otomotif dari berbagai media yang berlangsung di Amanuba Hotel & Resort, Bogor, Jawa Barat, pada 29-30 Juni 2019, dengan mengusung tajuk “Menjaga Sikap Profesionalitas & Menjawab Tantangan di Era Disrupsi”.

Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Indonesia berdiri  30 April 2003 yang digagas oleh beberapa wartawan senior. Selain sebagai ajang kumpul dan silaturahmi, Forwot menjadi tempat sharing dan transfer ilmu mengenai perkembangan dunia otomotif.

Sebagai wadah serta forum silaturahmi para jurnalis otomotif , berbagai persoalan teknologi seputar perkembangan media digital dan after sales produk otomotif di Tanah Air dibahas dalam sesi sharing bersama para narasumber dari pelaku industri otomotif, penggiat media sosial dan para wartawan senior.

Dalam perkembangan industri media yang terus meluas, banyak bermunculan kompetitor baru. Pada umumnya, media baru ini didukung dengan berbagai teknologi kekinian yang menarik minat kaum milenial untuk mengakses media tersebut. Hal ini menuntut para pemain lama dalam mengatur ulang strateginya, termasuk dalam mengasah skill serta tetap mempertahankan sikap profesionalitas para jurnalisnya.

“Melihat perkembangan teknologi informasi hari ini, khususnya serangan informasi dari sosial media, menuntut setiap jurnalis untuk beradaptasi dan selalu kreatif. Dengan pelatihan , diharapkan para anggota FORWOT mampu meningkatkan kreatifitasnya tanpa mengesampingkan kode etik dan tetap menjaga profesionalitas dan idealisme. Ditengah era digitalisasi ini, youtube, key opinion leader, dan influencer berperan memberikan informasi, dan  para jurnalis pun  jangan sampai tertinggal, harus menjadi terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, Sabtu (29/6/2019).

Kurang lebih 60 jurnalis/wartawan dari berbagai media online, cetak, dan elektronik mengikuti kegiatan workshop HUT FORWOT ke-16. Mereka langsung diajak mempraktikkan ilmu tersebut dalam kompetisi foto, video dan karya tulis jurnalistik.

Puncak acara perayaan ulang tahun ke-16 FORWOT digelar makan malam dan ramah tamah yang dihadiri oleh para tamu  perwakilan pelaku industri otomotif tanah air, pengurus dan anggota FORWOT ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama.

Dalam Perayaan HUT ke-16 FORWOT Indonesia juga ditandai dengan aksi berbagi kebahagiaan sebagai bentuk kepedulian kepada anggotanya. ‘Andhum Kaharsa’ menjadi program terbaru FORWOT yang dicetuskan pada tahun ini.

Lewat program ‘Andhum Kaharsa’ FORWOT memberikan apresiasi ‘Lifetime Achievement Award’ kepada  dua jurnalis senior yang dianggap memberi inspirasi lewat karya jurnalistik , yakni Gatot Irawan (eks Sinar Harapan) dan Irwan Siswanto (eks Berita Kota) yang masing-masing menerima plakat ‘Andhum Kaharsa’ serta tabungan investasi.

Selain itu, program baru FORWOT ini juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada putra dan putri beberapa anggota aktif.

Dijelaskan Ketua Pelaksana HUT ke-16 FORWOT, Arief Aszhari, ‘Andhum Kaharsa’ merupakan sebuah terobosan program baru yang diinisiasi oleh pengurus dalam usahanya untuk memperhatikan para anggota. Program ini akan terus berlanjut disetiap tahunnya dan bisa selalu bersinergi dengan para stakeholder, sehingga mampu memberikan efek positif . (E-002)***