Peluang Usaha Di Bidang Industri Kreatif 2019

147

INDUSTRI Kreatif adalah salah satu bentuk industri yang memanfaatkan dan memodifikasi sumber daya yang sifatnya inovatif. Saat ini kompetisi bisnis semakin tinggi sehingga pengusaha dituntut lebih menggali peluang usaha di bidang industri kreatif untuk menarik perhatian konsumen.

Industri kreatif bisa diartikan penciptaan produk, desain dan pola dari hasil penciptaan yang sudah ada dengan mengandalkan kreatifitas sebagai kekayaan intelektual yang dimiliki. Untuk mengetahui beberapa usaha di bidang industri kreatif yang berpotensi menjadi peluang usaha, berikut ulasannya :

  1. Industri Makanan

Usaha di bidang industri makanan memang selalu berada di posisi teratas diantara usaha lainnya. Salah satunya membuka usaha makanan khas suatu daerah ataupun mengolah suatu bahan yang tidak berguna menjadi sesuatu yang bernilai. Contohnya, ketika mengonsumsi pisang kulitnya dibuang, namun saat ini justru sudah ada yang bisa mengolah kulitnya untuk dijadikan bahan baku es krim.

  1. Daur Ulang Barang Bekas

Cobalah untuk menciptakan ide ide kreatif untuk mengatasi hal ini. Dengan adanya ide ide kreatif daur ulang sampah seperti botol plastik ataupun kaleng dapat dijadikan peluang usaha. Salah satu contohnya daur ulang plastik yang dirangkai membentuk tas atau barang lainnya yang berguna.

Modal yang dibutuhkan cukup murah karena memanfaatkan plastik daur ulang, namun dampaknya sangatlah besar. Contoh lainnya yaitu memanfaatkan drum bekas dan mengubahnya menjadi kursi atau sofa yang unik sehingga memiliki harga yang tinggi jika di daur ulang. Selain memperoleh keuntungan materi, Anda telah mengambil peran penting dalam upaya penyelamatan lingkungan.

  1. Kerajinan Tangan

Peluang usaha di bidang industri kreatif selanjutnya yaitu kerajinan atau kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi pembuatan, produksi dan distribusi produk yang dihasilkan oleh tenaga pengrajin. Hasil dari kerajinan berupa produk yang terbuat dari, serat, kulit, rotan, bambu, kayu, logam, kaca, porselen, kain, marmer, tanah liat, dan kapur.

Produk kerajinan biasanya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (Limited edition). Contoh contoh produk hasil kerajinan tangan ini misalnya olahan rotan, buket bunga artifisial, bantal lukis, kayu lukis, boneka dari kain flannel dan lain lain.

  1. Tekstil Dan Fashion

Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris beraneka mode. Salah satu contoh peluang usaha di bidang industri kreatif ini adalah mengolah kain perca menjadi kreatifitas yang berkualitas. Contohnya, mengubah kain perca menjadi tas anak-anak, sarung bantal, celemek memasak, sprei, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Desain Dan Arsitektur

Desain yaitu kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk maupun desain industri. Sedangkan arsitektur adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh, baik dari level makro hingga mikro. Contoh contoh peluang usaha yang mengandalkan kemampuan desain yaitu membuka jasa desain grafis, desain logo,banner, dan lain lain.

  1. Permainan Interaktif

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Peluang usaha ini bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi. Untuk memulai usaha ini dibutuhkan keterampilan menguasai IPTEK dan sistem informasi lainnya.

Itulah 6 Inspirasi Peluang Usaha Di Bidang Industri Kreatif 2019 yang dapat menjadi referensi dalam memulai usaha. Terimakasih. (C-003/BBS)***