Pasokan Air Berkurang, Petani Beralih Cocok Tanam

4

Petani di Kiarapayung Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung mengganti tanaman padi mereka dengan tanaman bawang, cabai, serta kacang. Para petani merasa, tanaman ini cocok ditanam musim kemarau, mengingat tanaman ini tidak membutuhkan banyak air.

Saat mulai memasuki musim kemarau memaksa para petani beralih cocok tanam. Seperti petani di Kiarapayung Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Mereka terpaksa mengganti tanaman padinya dengan tanaman bawang, cabai, serta kacang. Tanaman itu dipilih, karena dirasa cocok untuk ditanam musim kemarau, mengingat jenis tanaman itu tidak terlalu membutuhkan banyak air. Meski begitu, petani tetap dihantui rasa khawatir tanaman mereka akan mengalami gagal panen. Musim kemarau petani harus melakukan perawatan ekstra dalam merawat tanaman mereka. Selain berkurangnya pasokan air untuk menyirami tanaman, berbagai macam hama seperti ulat mulai bermunculan.

Para petani berharap musim kemarau kali ini tidak terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Selain berdampak kepada para petani, pasokan air juga dikhawatirkan akan mengalami penyusutan.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.