BANK INDONESIA KRITIK PENGGUNAAN LIBRA SEBAGAI MATA UANG

15

Rencana facebook menjadikan libra sebagai mata uang, dikritik bank Indonesia. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar menyatakan, rupiah tetap uang utama yang digunakan di Indonesia. Tidak boleh bertransaksi keuangan di Indonesia jika tidak menggunakan rupiah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Doni P Joewono, mengkritik rencana facebook menjadikan libra sebagai mata uang. Menurutnya, di dunia sekarang payment system berkembang pesat, sehingga ada kecenderungan menuju virtual currency. Tapi, bank indonesia menyatakan, rupiah tetap menjadi uang yang utama. Tidak boleh bertransaksi keuangan di Indonesia, kecuali menggunakan rupiah. Pihaknya pun terus mempelajari berkembangnya big coin dan libra. masyarakat pun diimbau untuk berhati-hati.

Sebelumnya, facebook akan menjadikan libra sebagai mata uang dengan layanan mencakup simpan pinjam, dan menginvestasikannya dalam obligasi pemerintah, serta menawarkan layanan transaksi lintas batas. Bertransaksi dengan uang jenis tersebut, akan melibatkan bank sentral, regulator keuangan, dan otoritas penegak hukum di seluruh dunia.

BUDI HARTATI, BANDUNG TV.