LESTARIKAN BUDAYA CALUNG DIDESAK MASUK EKSKUL SEKOLAH

9

Dalam rangka menjaga dan melestarikan seni Budaya Sunda, calung, para pupuhu calung Kota Bandung menggelar diskusi seni budaya bertajukan bela negara di kawasan Dago Kota Bandung. Seni calung sebagai kesenian asli sunda harus terus lestari dan terawat hingga generasi mendatang.

Seni budaya khas Sunda, calung, sudah jarang ditemui di setiap pagelaran kebudayaan yang biasa terselenggara.  Melihat kondisi tersebut, para pupuhu kesenian Sunda Kota Bandung, menggelar silaturahmi dan diskusi seni Sunda, calung, di kawasan Dago. Calung merupakan seni budaya asli Sunda, yang seiring berjalannya waktu seni budaya calung hampir punah dimakan jaman.

Untuk melestarikan seni budaya calung, para pupuhu calung berharap kesenian calung atau pada umumnya kesenian Sunda, dapat dikenalkan kepada anak anak, serta dapat masuk dalam ekstrakulikuler di sekolah.  Perlunya dukungan oleh semua aspek baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan salah satu seni budaya yang ada di Indonesia diantaranya seni budaya calung.

Menjaga dan melestarikan seni budaya adalah kewajiban semua aspek,baik masyarakat,pemerintah dan organisasi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa lebih mengenalkan lagi seni budaya calung kepada masyarakat dan golongan muda,agar seni budaya calung terus tetap eksis dan dapat bersaing dengan budaya asing.

YUWANA KURNIAWAN, BANDUNG TV.