Twitter dan Facebook Tak Diundang pada KTT Medsos

11

GEDUNG Putih disebut tidak mengundang para pemimpin Facebook dan Twitter pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Sosial Media yang bakal diselenggarakan 11 Juli mendatang.

Menurut salah satu juru bicara Gedung Putih kepada jurnalis CNN, kabar tidak mengejutkan. Sebab, muncul tensi yang cukup tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan dua platform sosial media tersebut.

Endgadget mengungkap awal mula perselisihan Trump dan Twitter terjadi pada April lalu. Trump sempat bertemu dengan CEO Twitter Jack Dorsey. Trump mengeluh kepada Dorsey karena pihak Twitter menghapus sejumlah pengikutnya.

Selain itu, menurut Trump, Twitter juga melarang sejumlah akun organisasi oposisi beredar di platform.

Sedangkan Facebook, sosial media ini dituduh telah menarik iklan kampanye Trump saat pemilihan presiden AS tahun 2016. CEO Facebook Mark Zuckerberg beralasan iklan kampanye Partai Republik saat itu terlalu sensasional.

Ditambah lagi, Facebook dan Twitter termasuk ke dalam 50 merek global yang mengecam posisi anti-trans Trump awal 2019.

KTT Sosial Media yang akan diselenggarakan Kamis, 11 Juli 2019 dinilai sebagai ajang keluhan oposisi terhadap para pemangku perusahaan teknologi. Acara ini juga disebut untuk menyatukan para pemimpin digital guna membahas peluang dan tantangan lingkungan teknologi yang semakin berkembang. (C-003/age)***