5 Tren Bisnis di Bandung Segmen Milenial

65

RASANYA tidak akan habis jika kita membicarakan pesona Kota Bandung. Bukan hanya sebagai kota tujuan wisata, Bandung juga sering dijadikan sebagai destinasi kuliah pelajar Indonesia. Tidak heran kalau kota yang dijuluki sebagai ‘Kota Juara’ ini banyak dihuni oleh anak muda dan berkembang sejalan dengan tren anak muda.

Sebut saja tren bisnis Bandung yang acap kali melibatkan anak muda sebagai inisiator atau yang sekadar menyasar pasar anak muda.

Bicara soal bisnis, merintis bisnis memang bukan hal mudah, salah satu kendala seseorang yang seringkali tidak jadi membuka suatu usaha biasanya terletak di masalah modal. Mencoba mengatasi hal tersebut, Tunaiku bisa membantu Anda yang tengah pusing memikirkan bagaimana caranya mendapatkan modal untuk merintis usaha. Pinjaman Tunaiku hadir untuk kalangan pebisnis UMKM, dengan menawarkan layanan pinjaman mulai dari Rp2-20 juta, dengan tenor 6-20 bulan.

Nah, kalau target pasar sudah ditetapkan, konsep sudah matang, dan urusan permodalan sudah ada solusi, membuka usaha nggak lagi hanya sebatas mimpi. Bagi Anda yang saat ini sedang berkuliah di Bandung, dan kepikiran untuk sekaligus merintis usaha, tidak ada salahnya dicoba.

Ada begitu banyak peluang usaha di Bandung yang bisa Anda coba rintis. Tapi, jika Anda berencana untuk menyasar segmen anak muda, Anda bisa mencoba lima peluang usaha berikut ini.

Kuliner

Jangan anggap remeh segmen yang menyasar anak muda, sebab dengan banyaknya anak muda di Bandung akan mendatangkan omzet luar biasa.

Usaha kuliner adalah salah satu peluang usaha dengan menyasar anak muda yang sangat potensial. Harga yang terjangkau, konsep yang unik, serta viral di media sosial adalah resep bisnis yang ramai dan populer di kalangan anak muda.

Di Bandung, salah satu contoh bisnis yang booming tidak hanya di Bandung tapi juga bahkan di kota-kota sekitarnya adalah keripik pedas, contoh lainnya seperti martabak, nasi goreng, dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut memang kedengarannya sangat sederhana. Tapi faktanya, bisnis tersebut mampu mendatangkan omzet luar biasa.

Selain itu, bisnis dengan menyasar segmen anak muda bisa disiasati agar modal dapat ditekan seminimal mungkin. Caranya adalah dengan memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana pemasaran. Anda bisa memasarkan usaha kuliner di media sosial dengan menggunakan jasa endorser agar semakin viral.

    Pusat kebugaran

Dewasa ini, hidup sehat sudah bukan lagi kebutuhan, melainkan sudah berkembang menjadi sebuah gaya hidup. Oleh sebab itu, sekarang banyak Anda temui pusat-pusat kebugaran yang nggak Cuma menawarkan kelengkapan alat olahraga, melainkan juga kenyamanan.

Perubahan yang terjadi pada ‘wajah’ pusat kebugaran yang kini dipoles dengan berbagai “kosmetik” konsep dan kenyamanan, membuat anak muda di Indonesia tidak sekedar aware akan kesehatan melainkan juga gemar berolahraga.

Kalau Anda ingin mencoba bisnis ini, Bandung mungkin bisa Anda jadikan destinasi bisnis. Alasannya jelas karena tingginya populasi anak muda di Bandung yang mencapai lebih dari 35%.

Membuka sebuah pusat kebugaran tentu membutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi jika ingin dilengkapi dengan berbagai polesan konsep dan kenyamanan. Anda bisa menyiasatinya dengan cara patungan dengan teman serta memanfaatkan berbagai platform penyedia layanan.

    Fashion

Bagi anak muda, Bandung adalah surganya berbelanja produk fashion. Di sini banyak sekali terdapat distro yang bisa Anda jelajahi untuk berbelanja produk fashion.

Merintis bisnis dengan segmen fashion memang bukan hal baru di sini, tapi peluang untuk sukses tetap besar asalkan Anda kreatif dalam mendongkrak penjualan. Tidak cuma mengandalkan penjualan on the spot, penjualan lewat online juga harus Anda dorong.

Anda bisa membuka distro sendiri yang tentu harus kreatif agar cepat dilirik anak muda di Bandung, dan juga membuka sebuah toko online agar produk-produkmu semakin dikenal tidak hanya di Bandung tapi sukur-sukur bisa sampai ke se-antero negeri.

    Bisnis e-commerce

Yang paling menarik dengan bisnis e-commerce adalah, peluang untuk sukses sangat besar sedangkan modal yang perlu diadakan relatif kecil.

Di Bandung, produk fashion seperti pakaian, sepatu, atau produk kecantikan seperti parfum dan lain sebagainya sudah sangat dikenali oleh anak-anak muda yang bahkan tidak tinggal di Bandung. Nah, dengan mendirikan sebuah platform e-commerce dan bekerja sama dengan UMKM di Bandung, Anda berkesempatan untuk dapat dengan cepat melakukan ekspansi bisnis.

Menjadi anak kuliahan tentu akan selalu disibukkan oleh tugas-tugas kuliah yang kadang tidak mengenal waktu jika dikerjakan.

Nah, membuka tempat nongkrong dengan jaringan akses internet super ngebut bisa menjadi sebuah kebutuhan primer bagi mereka. Kalau Anda khawatir mereka akan lama nongkrong lama untuk “nugas” sementara hanya pesan sedikit, Anda bisa menyiasatinya dengan berbagai menu menarik dengan harga terjangkau, serta berbagai paket-paket yang memudahkan mereka sekaligus bisa menguntungkan bisnis Anda.

Nah, itulah lima peluang usaha yang mungkin dapat Anda coba di Bandung. Jika Anda ingin bisa sesegera mungkin merealisasikan bisnis-bisnis ini. (C-003/Bbs)***