Berbagai Khasiat dan Manfaat Minyak Keletik

38

CIAMIS, dulu bernama Kabupaten Galuh dikenal sebagai wilayah yang kaya hasil bumi, terutama padi dan buah kelapa. Ketika Bupati Galuh yang bernama Kangjeng Prebu memerintah tahun 1839-1886, sang pemimpin legendaris tersebut menjadikan wilayah ini sebagai pusat produksi kelapa di Priangan Timur. Obsesi sang bupati untuk meningkatkan hasil pertanian telah mendorongnya untuk melakukan perluasan area tanam, terutama untuk persawahan dan perkebunan kelapa.Tak mengherankan jika tanaman kelapa menjadi sangat populer dan banyak bertebaran di setiap kampung di Kabupaten Galuh. Produksi buah kelapa berlimpah dimana-mana dan menjadi bahan baku pembuatan minyak kelapa.Kini, lebih dari seratus tahun kemudian, bisnis minyak keletik di tatar Galuh sudah tak semanis romantisme masa lalu. Kisah manis sejarah kejayaan industri minyak kelapa Ciamis tempo doeloe , sudah tergusur oleh aksi konglomerasi dibalik munculnya pabrik-pabrik minyak kelapa sawit skala raksasa dan persaingan yang makin keras. Hingga saat ini minyak kelapa atau kletik masih di produksi oleh warga Ciamis,meski skala produksi rumahan . Kurang stabilnya harga jual membuat komoditi yang pernah termasyur ini tidak mampu bersaing dipasaran.Berbeda dengan hasil turunan dari produksi minyak kelapa Ciamis , yaitu Galendo yang telah menjadi ikon oleh oleh kawasan Priangan Timur. Mengenai minyak kelapa, memiliki manfaat yang tidak sedikit untuk pengobatan. Antara lain :

1. Untuk Diabetes
Minyak kelapa diyakini juga dapat membantu untuk mengendalikan gula darah serta meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Efektif melepaskan glukosa dalam darah.

2. Baik Untuk Kulit Kepala
Secara teratur memijat kepala dengan minyak kelapa, dapat terbebas dari ketombe, bahkan saat kulit kepala kering. Juga membantu menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu serta bakteri lain yang mengganggu kulit kepala.

3. Mengontrol Berat Badan
Para peneliti mengemukakan, bahwa minyak kelapa yang mudah dicerna dapat menjaga resistensi insulin.

4. Membasmi Infeksi Jamur
Kandungan asam lemak yang cukup tinggi pada minyak kelapa sangat ampuh membasmi jamur dengan memasukan ke tempat jamur berkembang dengan demikian jamur tidak akan dapat berkembang biak dan hancur.

5. Meningkatkan Sistem Imun
Zat yang terdapat dalam minyak kelapa dapat membantu sistem imun ? Berpa zat lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yang memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus.Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin.

6. Sehat untuk Jantung
Mengandung asam larut sekitar 50%, minyak kelapa membantu mencegah berbagai masalah jantung, seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.Minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL ,mengurangi kerusakan arteri dan membantu mencegah aterosklerosis.

7. Perawatan Rambut
Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat. Minyak kelapa memberikan manfaat kondisioner alami yang membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. (E-001) ***