Curug Salosin Ciamis Airnya Keluar Dari Bebatuan

184

MELENGKAPI piknik ka Ciamis, Mandalawangi mengunjungi air terjun atau disebut Curug dalam bahasa Sunda. Masyarakat setempat menyebutnya Curug Salosin, penamaan ini erat kaitannya dengan sumber air curug yang ada 12 (Salosin- bahasa Sunda). Lokasi Curug Salosin berada di wilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Menuju lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Keunikan curug ini , yakni sumber mata airnya keluar dari celah-celah bebatuan besar yang jarang ditemukan di tempat lain. Curug Salosin berada di kaki Gunung Sawal yang memiliki potensi alam sebagai objek wisata potensial. Budaya mengkeramatkan kekayaan alam yang masih dipegang oleh sebagian masyarakat yang berada di kaki Gunung Sawal, mereka telah membantu menjaga keutuhan ekosistem yang hingga kini masih asri.Potensi alam tersebut, sangat layak untuk dijual ke wisatawan, apalagi saat ini tengah digemari tempat wisata yang menjual panorama alam.Daya tarik utama kawasan Curug Salosin ialah keindahan alam berpadu dengan jernihnya air yang mengalir.Para pelancong masih didominasi oleh kalangan penikmat aktivitas di alam terbuka,namun akhir akhir ini banyak juga pelancong berkeluarga yang datang dari berbagai daerah seputaran Ciamis.

Sesuai dengan penamaannya ada 12 curug yang bisa dieksplorasi ditempat ini, namun dibutuhkan stamina kuat untuk bisa mengunjungi semua curug karena topografi kawasan yang memiliki kontur menanjak.Apabila kita ingin melakukan eksplorasi keseluruhan curug sebaiknya di antar dengan masyarakat setempat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena kawasan ini masih belum banyak di jamah manusia.Curug pertama merupakan kawasan yang paling sering dikunjungi karena jarakna tidak begitu jauh dari lokasi pemukiman penduduk. Saat ini proses pengembangan wisata masih terus digalakkan ,baik oleh pemerintah desa maupun Pamkab Ciamis yang di gadang gadang bisa menjadi wisata alam alternatif di Ciamis.
Keindahan panorama alam menjadi salah satu bagian ikon Curug Salosin yang lokasinya berada di gerbang masuk wilayah Kabupaten Ciamis . Harapan agar pengelolaan objek wisata alam ini berlandaskan pada Community Based Tourism (CBT) dan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Selain itu diharapkan dari obyek ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) . (E-001) ***